Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Sosial untuk Meningkatkan keaktifan Belajar Siswa Kelas V di SD Ratteayun

Yusri, Yusri (2022) Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Sosial untuk Meningkatkan keaktifan Belajar Siswa Kelas V di SD Ratteayun. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yusri_hd.doc

Download (243kB)
[img] Text
yusri_kp.doc

Download (82kB)
[img] Text
yusri_bab_1.doc

Download (78kB)
[img] Text
yusri_bab_2.doc

Download (272kB)
[img] Text
yusri_bab_3.doc

Download (190kB)
[img] Text
yusri_bab_4.doc

Download (262kB)
[img] Text
yusri_bab_5.doc

Download (15kB)
[img] Text
yusri_lp.doc

Download (721kB)
[img] Text
yusri_cv.doc

Download (21kB)

Abstract

Kreativitas guru PAK dalam menerapkan model pembelajaran sangat penting karena merupakan kebutuhan setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran interaksi sosial dengan metode diskusi (kelompok kecil) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V di SD Ratteayun. Model pembelajaran interaksi sosial merupakan pembelajaran yang dilakukan untuk membentuk dan mengembangkan relasi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan masyarakat atau lingkungan, agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan nstrumen yang digunakan adalah studi Pustaka, observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa 54,4%, dan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa 86,4%. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II 32%. Kata Kunci: Kreativitas, Model Pembelajaran, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 02 Jul 2024 18:38
Last Modified: 26 Jul 2024 15:50
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item