Yusri, Yusri (2022) Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Sosial untuk Meningkatkan keaktifan Belajar Siswa Kelas V di SD Ratteayun. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yusri_hd.doc Download (243kB) |
|
Text
yusri_kp.doc Download (82kB) |
|
Text
yusri_bab_1.doc Download (78kB) |
|
Text
yusri_bab_2.doc Download (272kB) |
|
Text
yusri_bab_3.doc Download (190kB) |
|
Text
yusri_bab_4.doc Download (262kB) |
|
Text
yusri_bab_5.doc Download (15kB) |
|
Text
yusri_lp.doc Download (721kB) |
|
Text
yusri_cv.doc Download (21kB) |
Abstract
Kreativitas guru PAK dalam menerapkan model pembelajaran sangat penting karena merupakan kebutuhan setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran interaksi sosial dengan metode diskusi (kelompok kecil) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V di SD Ratteayun. Model pembelajaran interaksi sosial merupakan pembelajaran yang dilakukan untuk membentuk dan mengembangkan relasi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan masyarakat atau lingkungan, agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan nstrumen yang digunakan adalah studi Pustaka, observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa 54,4%, dan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa 86,4%. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II 32%. Kata Kunci: Kreativitas, Model Pembelajaran, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 18:38 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 15:50 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1606 |
Actions (login required)
View Item |