Orang Tua Tunggal: Kajian Teologis-Psikologis tentang Peran Orang Tua Tunggal dalam Prestasi Belajar Anak pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri 5 Kesu’ Kabupaten Toraja Utara

Elan, Elan (2013) Orang Tua Tunggal: Kajian Teologis-Psikologis tentang Peran Orang Tua Tunggal dalam Prestasi Belajar Anak pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri 5 Kesu’ Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
elan_hd.doc

Download (1MB)
[img] Text
elan_kp.doc

Download (66kB)
[img] Text
elan_bab_1.doc

Download (115kB)
[img] Text
elan_bab_2.doc

Download (814kB)
[img] Text
elan_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
elan_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
elan_bab_5.doc

Download (62kB)
[img] Text
elan_dp.doc

Download (34kB)
[img] Text
elan_lp.doc

Download (450kB)
[img] Text
elan_cv.doc

Download (21kB)

Abstract

Elan. 20082747. Tahun 2013. “Orang Tua Tunggal” dengan Sub Judul: “Kajian Teologis Psikologis Tentang Peran Orang Tua Tungal Dalam Prestasi Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SD N 5 Kesu’ Kabupaten Toraja Utara”. Alasan Penulis memilih judul ini karena terdorong rasa ingin tahu penulis akan peran orang tua tunggal dalam prestasi belajar anak di sekolah pada mata pelajaran PAK yang di didik orang tua tunggal karena ada orang tua meninggal, bercerai atau pekerjaan yang jauh serta pembuktian akan tudingan bahwa anak keluarga “Broken Home” memiliki penyesuaian diri yang kurang baik di sekolah. Alasan lain penulis sendiri mengalami didikan tersebut sebab ayah jauh karena pekerjaan. Orang Tua Tunggal ialah orang tua yang sendiri membesarkan anak dalam satu rumah karena salah satu dari orang tua meninggal, bercerai, pekerjaan yang jauh yang berperan ganda baik ayah atau ibu bagi anak dalam memenuhi kebutuhan secara jasmani, rohani dan pendidikan. Dalam merampungkan penulisan, metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif serta melakukan study pustaka dan penelitian lapangan observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan mereduksi data, penyajian data dan conclusion drawing. Dari hasil penelitian penulis melihat bahwa orang tua tunggal dari murid SDN 5 Kesu’ telah melakukan perannya kepada anak dalam meningkatkan prestasi belajar anak pada mata pelajaran PAK dalam hal menanyakan pelajaran yang diterima anak di sekolah, memberikan fasilitas belajar yang memadai, memberikan motivasi belajar agar lebih giat belajar dan mengajarkan anak untuk mengenal Tuhan dan Juruselamat dengan membaca Alkitab dan berdoa bersama di rumah walaupun belum efektif. Oleh karena itu penulis mengharapkan agar orang tua tunggal memberikan perhatian penuh kepada anak karena anak adalah anugerah Allah kepada orang tua walaupun dengan keadaan keluarga yang tidak utuh lagi tetapi hal itu tidaklah menjadi penghalang untuk menjadi orang tua tunggal yang bertanggung] awab kepada anak.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 25 Jun 2024 14:28
Last Modified: 29 Jul 2024 10:38
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item