Rismayanti, Rismayanti (2021) Analisis Metode Pembelajaran pada Anak Usia Dini dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristiani di TK Sion Tobadak 4. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
rismayanti_similarity.doc Download (225kB) |
|
Text
rismayanti_hd.doc Download (1MB) |
|
Text
rismayanti_kp.doc Download (53kB) |
|
Text
rismayanti_bab_1.doc Download (89kB) |
|
Text
rismayanti_bab_2.doc Download (352kB) |
|
Text
rismayanti_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
rismayanti_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
rismayanti_bab_5.doc Download (50kB) |
|
Text
rismayanti_lp.doc Download (7kB) |
|
Text
rismayanti_cv.doc Download (25kB) |
Abstract
Rismayanti, Analisis Metode Pembelajaran pada Anak Usia Dini dalam Menanamkan Nilai-nilai Kristiani di TK Sion Tobadak 4, (dibimbing oleh Neni Riskayanti dan Pebrianty). Dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil belajar anak termasuk dalam menanamkan nilai-nilai kristiani diperlukan metode pembelajaran. Metode pembelajaran penting di terapkan karena dengan adanya metode pembelajaran yang tepat maka dapat menambah minat belajar anak. Anak akan termotivasi dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kristiani di TK Sion Tobadak 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan 10 narasumber yang telah ditentukan yaitu guru dan orang tua siswa TK Sion Tobadak 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kristiani di TK Sion Tobadak 4 ialah dengan menggunakan metode pemberian tugas, tanya jawab dan bercerita. Tidak banyak metode yang bisa dimanfaatkan karena pelaksanaan proses belajar di TK Sion lebih banyak dilakukan di dalam kelas seperti membaca dan menulis sehingga anak jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran bahkan tidak mau datang ke sekolah. Metode pembelajaran berperan penting dalam proses pembelajaran karena dengan adanya metode maka guru dapat menyampaikan setiap materi kepada siswa dalam suasana yang menyenangkan. Metode yang tepat dan kreatif sangat berpengaruh kepada minat anak dalam mengikuti proses pembelajaran, sebaliknya, jika guru tidak dapat menggunakan metode yang tepat dalam mengajar maka anak akan merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu guru di tuntut agar mampu menggunakan metode-metode yang tepat dalam mengajar anak termasuk dalam menanamkan nilai-nilai kristiani.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 15:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 11:00 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1453 |
Actions (login required)
View Item |