Lai', Kristina (2014) Penerapan MetodeInquiry Terkait Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Masa Pandemi Covid 19 di SMPN 2 Rantetayo. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
kristina_similarity_index.doc Download (10kB) |
|
Text
kristina_hd.doc Download (148kB) |
|
Text
kristina_kp.doc Download (83kB) |
|
Text
kristina_bab_1.doc Download (146kB) |
|
Text
kristina_bab_2.doc Download (424kB) |
|
Text
kristina_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text
kristina_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
kristina_bab_5.doc Download (20kB) |
|
Text
kristina_dp.doc Download (23kB) |
|
Text
kristina_lp.doc Download (216kB) |
|
Text
kristina_cv.doc Download (30kB) |
Abstract
KRISTINA LAl': “ Penerapan Metode inquiry terkait kemandirian belajar pada pembelajaran PAK masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantetayo”. (Dibimbing oleh Neni Riskayanti dan Sumiaty) Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode inquiry dalam proses pembelajaran PAK kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantetayo serta untuk mengetahui peran metode inquiry terhadap kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) kelas VIII masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantetayo. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif di mana untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik studi lapangan dan studi kepustakaan lalu selanjutnya data dianalisis dengan urutan mereduksi data, menyajikan data, interpretasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni penerapan metode inquiry dalam proses Pembelajaran PAK masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantetayo guru menerapkan metode inquiry yang sangat berpengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik. Penerapan metode inquiry yang dilakukan oleh guru yakni penugasan yang terlebih dahulu diberikan pengarahan dari guru. Proses pembelajaran diawali dengan penjelasan topik tujuan lalu dilanjutkan penyajian masalah. Kemudian melalui berbagai pertanyaan guru menuntun murid untuk menjelaskan jawaban sementara dan menarik kesimpulan. Pada saat menjelaskan materi pembelajaran guru memberikan kebebebasan kepada siswa untuk mencari sendiri terlebih dahulu terkait pembelajaran yang diajarkan, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi dan dengan menggunakan media pembelajaran yang ada. Dilihat dari sikap siswa peran metode inquiry ini terhadap kemandirian siswa bukan hanya berpengaruh dalam hal pengetahuan, tetapi juga berpengaruh bagi karakter siswa. Kata kunci: metode , inqury, kemandirian, belajar, pandemi
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 01 Jun 2024 19:18 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 11:22 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1357 |
Actions (login required)
View Item |