Upa', Afherius (2021) Kajian Kritis terhadap Pendidikan Agama Kristen dalam Perspektif Pendidikan Hadap Masalah Paulo Freire. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
afnerius_similarity_index.doc Download (16kB) |
|
Text
afnerius_hd.doc Download (187kB) |
|
Text
afnerius_kp.doc Download (49kB) |
|
Text
afnerius_bab_1.doc Download (278kB) |
|
Text
afnerius_bab_2.docx Download (32kB) |
|
Text
afnerius_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
afnerius_bab_4.doc Download (23kB) |
|
Text
afnerius_dp.doc Download (20kB) |
|
Text
afnerius_lp.doc Download (625kB) |
|
Text
afnerius_cv.doc Download (58kB) |
Abstract
Upa’, Afnerius. 2021. Kajian Kritis Terhadap Pendidikan Agama Kristen dalam Perspektif Pendidikan Hadap Masalah Paulo Freire. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Kristen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Toraja. Pembimbing (I) Bapak Dr. Abraham Sere Tanggulungan M.Si, (II) Bapak Dr. Setrianto Tarrapa’ M.Pd.K. Kata Kunci: PAK, Pendidikan Hadap Masalah, Paulo Freire Kompleksitas permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar maupun lingkungan secara universal menuntut dunia pendidikan untuk menghadirkan pendidikan yang membawa transformasi bagi kehidupan sosial masyarakat. Sebagai tokoh pendidikan Freire mencoba menghadirkan konsep pendidikan hadap masalah sebagai sebuah model pendidikan pembebasan. Pendidikan hadap masalah ini menuntut kesadaran kritis untuk menanggapi isu-isu faktual yang terjadi. PAK yang hadir di tengah masyarakat tidak dapat terpisahkan dari kompleksitas permasalahan tersebut, sehingga PAK juga memiliki tugas untuk ikut serta dalam transformasi sosial dengan menanggapi isu-isu yang terjadi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pemikiran Paulo Freire tentang konsep pendidikan hadap masalah yang digagasnya, yang kemudian menganalisis relevansinya terhadap Pendidikan Agama Kristen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model penelitian kualitatif bibliografis, dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Motode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumen dan studi kepustakaan yaitu menelusuri literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; a) pendidikan bagi Freire seyogyanya membangkitkan kesadaran kritis manusia. Melalui pendidikan hadap masalah, pendidikan hendaknya mampu membawa perubahan bagi kehidupan sosial masyarakat; b) pemikiran Freire tersebut relevan untuk diterapkan dalam Pendidikan Agama Kristen, dengan melihat tujuan, relasi pendidik dan peserta didik, kurikulum dan metode.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Andarias Manting |
Date Deposited: | 25 May 2024 18:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 10:16 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1285 |
Actions (login required)
View Item |