Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII SMPN 4 Simbuang

Ta'dung, Tadius (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII SMPN 4 Simbuang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
tadius_similarity_index.pdf

Download (185kB)
[img] Text
tadius_kp_bab_1.pdf

Download (708kB)
[img] Text
tadius_bab_2.pdf

Download (738kB)
[img] Text
tadius_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
tadius_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
tadius_bab_5.pdf

Download (436kB)
[img] Text
tadius_dp.pdf

Download (372kB)

Abstract

Tadius Ta’dung, Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Simbuang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenakalan siswa kelas VIII seperti mencoret-coret tembok, berkelahi, berbicara kotor, merokok, dan bolos, sehingga dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VIII SMPN 4 Simbuang. Jenis penelitian dalam yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif untuk mendapatkan informasi penulis melakukan observasi dan wawancara. Dengan fokus pada tujuh strategi yang diterapkan oleh guru. Pertama, guru menerapkan tindakan preventif untuk mencegah kenakalan siswa. Kedua, pemberian tekanan atau hukuman sebagai respons terhadap perilaku tidak semestinya. Ketiga, guru memberikan tanggung jawab kepada siswa untuk membangun rasa kepemilikan. Keempat, memberikan perhatian lebih terhadap siswa yang membutuhkan dukungan tambahan. Kelima, membuat peraturan kelas yang jelas untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang teratur. Keenam, mengedepankan keteladanan sebagai guru untuk memberikan contoh positif. Ketujuh, menekankan pentingnya kerja sama antara guru Pendidikan Agama Kristen dan pihak sekolah. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa dengan pendekatan kualitatif.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: m3 yulius p.
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:08
Last Modified: 30 Jul 2024 08:38
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item