Peningkatan Perilaku Positif Siswa Kelas VIIIB dalam Pembelajaran PAK dengan Pemeberian Reinforcement di SMP Kristen Sangalla

Mangguali, Mari (2023) Peningkatan Perilaku Positif Siswa Kelas VIIIB dalam Pembelajaran PAK dengan Pemeberian Reinforcement di SMP Kristen Sangalla. Scholar thesis, Institu Agama Kristen Negeri Toraja (IAKN) Toraja.

[img] Text
mari_similarity.pdf

Download (499kB)
[img] Text
mari_kp_bab_1.pdf

Download (566kB)
[img] Text
mari_bab_2.pdf

Download (924kB)
[img] Text
mari_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text
mari_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
mari_bab_5.pdf

Download (477kB)
[img] Text
mari_dp.pdf

Download (365kB)

Abstract

Perilaku positif pada siswa SMP Kristen Sangalla khususnya kelas VIII B masih kurang, pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan dan mengumpulkannya tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan perilaku positif siswa kelas VIII B dalam pembelajaran PAK dengan pemberian reinforcement di SMP Kristen Sangalla. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yakni observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reinforcement pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII B SMP Kristen Sangalla dapat meningkatkan perilaku positif siswa, yakni siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu, mampu mencari dan memberikan jawaban lebih dari soal yang diberikan. Hasil observasi pada siklus satu menunjukkan hasil bahwa pada pertemuan pertama sebanyak 49%, hal ini menunjukkan bahwa perilaku positif siswa masih rendah dan pada pertemuan kedua sebanyak 55% hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa pada pertemuan kedua mengalami peningkatan namun belum mencapai kriteria keberhasilan sehingga masih perlu perbaikan. Sedangkan hasil observasi pada siklus dua menunjukkan hasil bahwa pada pertemuan pertama sebanyak 68% dan pada pertemuan kedua sebanyak 80%, hasil ini menunjukkan bahwa perilaku positif siswa sudah baik sehingga tidak perlu lagi diadakan perbaikan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 25 Dec 2023 22:24
Last Modified: 30 Jul 2024 08:27
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item