Analisis Manajemen Kelas Guru PAK dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantepao

Priskila, Priskila (2023) Analisis Manajemen Kelas Guru PAK dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
priskila_similarity.pdf

Download (538kB)
[img] Text
priskila_kp.pdf

Download (388kB)
[img] Text
priskila_bab_1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
priskila_bab_2.pdf

Download (699kB)
[img] Text
priskila_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
priskila_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
priskila_bab_5.pdf

Download (451kB)
[img] Text
priskila_dp.pdf

Download (416kB)
[img] Text
priskila_cv.pdf

Download (183kB)

Abstract

PRISKILA dengan NIRM 1020197259 judul skripsi Analisis Manajemen Kelas Guru PAK Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Rantepao. Di bawah bimbingan oleh Dr. Setrianto Tarrapa, M.Pd.K. dan Theo Dedy Palimbunga, M.Pd. Kurangnya minat belajar siswa menyebabkan timbulnya tingkah laku siswa yang mengganggu proses belajar mengajar di dalam kelas. Manajemen kelas memiliki hubungan yang signifikan dengan minat belajar, di mana manajemen kelas yang menyenangkan, menarik dan tidak membosankan mendorong minat belajar tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kelas Guru PAK dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantepao. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAK dan Siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang dilakukan oleh Guru PAK meliputi manajemen kelas seperti pada pengelolaan fisik dan non fisik, di mana pada pengelolaan fisik yang dilakukan guru, siswa senang belajar di dalam kelas. Namun pada pengelolaan non fisik yang dilakukan guru menunjukkan belum sepenuhnya siswa berminat, hal tersebut diakibatkan dari masih kurangnya pemahaman guru tentang minat belajar siswa dan faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Guru PAK, manajemen kelas, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Dec 2023 09:17
Last Modified: 30 Jul 2024 08:17
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item