Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Mewujudkan Perilaku Anti Kekerasan Siswa di SMPN 1 Kolaka

To'sambo, Windarningsi (2023) Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Mewujudkan Perilaku Anti Kekerasan Siswa di SMPN 1 Kolaka. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
windar_similarity.pdf

Download (385kB)
[img] Text
windar_kp.pdf

Download (142kB)
[img] Text
windar_bab_1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
windar_bab_2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
windar_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
windar_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
windar_bab_5.pdf

Download (120kB)
[img] Text
windar_dp.pdf

Download (413kB)
[img] Text
windar_cv.pdf

Download (374kB)

Abstract

Windarningsi To’sambo, 1020196874. menulis sebuah karya tulis dengan judul “analisis nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran pendidikan agama kristen dalam mewujudkan perilaku anti kekerasan siswa di SMPN 1 Kolaka” dibimbing oleh Dr. I made suardana, M.Th. dan Setblon tembang, M.Th. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Mewujudkan Perilaku Anti Kekerasan Siswa Di SMPN 1 Kolaka. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah dalam mewujudkan perilaku anti kekerasan siswa SMPN 1 Kolaka terdapat 5 nilai-nilai moderasi beragama yang diajarkan pada pembelajaran agama kristen, yaitu nilai keadilan, nilai kesembangan, nilai rukun, nilai saling tenggang rasa, dan nilai toleransi. Dan kesimpulan dalam penelitian ini ialah kelima nilai moderasi beragama yang telah diajarkan dalam pendidikan agama kristen. Dapat dilihat bahwa nilai-nilai tersebut telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam membentuk perilaku anti kekerasan di SMPN 1 Kolaka. Sikap anti kekerasan diwujudkan dalam aktivitas-aktivitas dalam lingkup sekolah seperti, semangat gotong royong, saling menghargai sesama, saling menolong antar sesama, mengutamakan kepentingan umum yang ada di sekolah serta menjaga kerukunan umat beragama. Sehingga dalam melakukan aktivitas sehari-hari khususnya dalam lingkup sekolahan jika tidak hidup dengan perilaku moderasi beragama hal tersebut akan menimbulkan kekerasan verbal dan non verbal. Kekerasan verbal ialah kekerasan verbal adalah kekerasan terhadap perasaan dengan mengeluarkan kata kata kasar tanpa menyentuh fisik, kata-kata yang memfitnah, kata-kata yang mengancam, menakutkan, menghina atau membesar-besarkan kesalahan. Adapun contoh dari kekerasan verbal adalah Mengucapkan kata-kata yang kasar tanpa menyentuh fisik, seperti mengancam, memfitnah, dan menghina. Sedangkan kekerasan non verbal ialah kekerasan yang diidentikkan dengan kekerasan fisik, contohnya adalah memukul, menampar, mencubit, dan segala macam bentuk kekerasan yang dapat melukai fisik. Kata kunci: Nilai-nilai moderasi beragama, pendidikan agama kristen, anti kekerasan

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai moderasi beragama, pendidikan agama kristen, anti kekerasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 23 Dec 2023 10:37
Last Modified: 30 Jul 2024 08:15
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item