Tembang, Deis (2025) Pengaruh Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VIII SMP Kristen Gandangbatu. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
deis_skpp.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
deis_hd.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
deis_kp.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
deis_bab_1.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
deis_bab_2.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
deis_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
![]() |
Text
deis_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
deis_bab_5.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
deis_dp.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
deis_lp.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas VIII SMP Kristen Gandangbatu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar. Hasil tersebut didapat dari hasil, hasil uji regresi linear berganda yaitu: Y = 45,747 + 0,414X₁ + 0,021X₂ + e. Hasil ini diperkuat dengan hasil uji F, di mana nilai F hitung sebesar 42,822 dengan tingkat signifikansi 0,000. Selain itu, hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r sebesar 0,767, yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara kedua variabel bebas (motivasi belajar dan pola asuh) dengan variabel terikat (hasil belajar). Adapun koefisien determinasi (R²) yang diperoleh adalah sebesar 0,588. Hal ini berarti bahwa 58,8% variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel motivasi belajar dan pola asuh orang tua. Sisanya, sebesar 41,2%, dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar PAK ABSTRACT This study aims to measure the extent of the relationship between learning motivation and parenting style on the learning outcomes of Christian Religious Education among eighth-grade students at SMP Kristen Gandangbatu. The research design used is a quantitative approach with a correlational research type. The results of inferential statistical analysis indicate that the research hypothesis is accepted, namely that there is a positive and significant relationship between learning motivation and parenting style with learning outcomes. This is supported by the results of the multiple linear regression test: Y = 45.747 + 0.414X₁ + 0.021X₂ + e. This result is reinforced by the F-test result, where the calculated F-value is 42.822 with a significance level of 0.000. In addition, the Pearson correlation test shows an r-value of 0.767, indicating a strong relationship between the two independent variables (learning motivation and parenting style) and the dependent variable (learning outcomes). The coefficient of determination (R²) obtained is 0.588, meaning that 58.8% of the variance in learning outcomes can be explained by the variables of learning motivation and parenting style. The remaining 41.2% is influenced by other variables outside the scope of this study. Keywords: Learning Motivation, Parenting Style, Christian Religious Education Learning Outcomes
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Andarias Manting |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 11:21 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 11:21 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |