Liling, Sanda (2025) Analisis Tantangan Wali Kelas V dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun pada Generasi Alpha di Sekolah Dasar Negeri 5 Sa’dan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
sanda_skpp.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
sanda_hd.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
sanda_kp.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
sanda_bab_1.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
sanda_bab_2.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
sanda_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text
sanda_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text
sanda_bab_5.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
sanda_dp.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
sanda_lp.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
sanda_lp2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
sanda_cv.pdf Download (149kB) |
Abstract
Pembentukan karakter adalah usaha yang diperoleh melalui pendidikan supaya membantu generasi alpha memiliki karakter yang baik. wali kelas adalah orang yang bertanggung jawab atas kelas tertentu serta memiliki kontribusi langsung pada pembentukan karakter generasi alpha melalui pengajaran, keteladanan, pembiasaan, dan pujian (reward). Generasi alpha di sekolah dasar Negeri 5 Sa’dan secara khusus kelas V ada 14 siswa yang memiliki masalah karakter di mana penggunaan bahasa yang kurang sopan dan budaya permisi yang sudah mulai luntur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan wali kelas V dalam pembentukan karakter sopan santun pada generasi alpha di sekolah dasar Negeri 5 Sa’dan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa wali kelas memiliki tantangan dalam pembentukan karakter sopan santun yaitu dengan adanya pengaruh dari luar lingkungan sekolah seperti perkembangan teknologi dan keterlibatan orang tua. oleh karena itu, wali kelas selalu menanamkan karakter sopan santun pada generasi alpha melalui pengajaran, keteladanan, pembiasaan, dan pujian (reward). Kata kunci: Pembentukan karakter, Generasi Alpha ABSTRACT Character formation is an effort obtained through education to help the alpha generation develop good character. Homeroom teachers are responsible for a spesifik class and have a direct contribution to shaping the character of the alpha generation through teaching, setting examples, habituation, and rewards. The alpha generation in grade V at state elementary school SDN 5 Sa’dan, totaling 14 students exhibits character issues, such as us the use of impolite language and a decline in the culture of asking permission. This study aims to analyze the challenges faced by grade V homeroom teachers in shaping polite character in the alpha generation at SDN 5 Sa’dan. The research method used is descriptive qualitative research with data collection through observation, interviews, and documentation. The final results of this study indicate that homeroom teachers face challenges in shaping polite character due to external influences such as technological advancements and parental involvement. Therefore, class teachers consistently instill polite character in the alpha generation through teaching, exemplary behavior, habituation, and rewards. Keywords: character formation, alpha generation.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:14 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 08:14 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |