Untung, Pebe (2016) Pendidikan Berbasis Keluarga: Analisis Pedagogis tentang Model Pendidikan Berbasis Keluarga dalam Ulangan 6:4-9 dan Implementasinya dalam Kehidupan Keluarga di GPdl Wilayah Mengkendek Tana Toraja. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
pebe_hd.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
pebe_kp.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
pebe_bab_1.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
pebe_bab_2.pdf Download (819kB) |
![]() |
Text
pebe_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
Text
pebe_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
Text
pebe_bab_5.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
pebe_dp.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
pebe_lp.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
pebe_cv.pdf Download (15kB) |
Abstract
Pebe Untung, judul tesis: PENDIDIKAN BERBASIS KELUARGA dengan sub judul: Analisis Pedagogis tentang Model Pendidikan Berbasis Keluarga Dalam Ulangan 6:4-9 dan Implementasinya Dalam Kehidupan Keluarga di GPdl Wilayah Mengkendek Tana Toraja. Keluarga adalah sekolah pertama bagi anak, dimana anak pertama kali belajar berbagai hal termasuk iman kepada Tuhan, dan orangtua adalah guru yang berkewajiban mendidik anak. Namun kondisi sekarang, keluarga Kristen tidak lagi menjalankan fungsinya dengan baik. Orangtua mulai melepaskan tanggung jawabnya dalam mendidik dan menyerahkannya kepada gereja dan sekolah yang mengakibatkan kurangnya pengetahuan anak tentang Tuhan. Bertolak dari masalah tersebut, peneliti terinspirasi untuk mengkaji model pendidikan berbasis keluarga dalam Ulangan 6:4-9 dan implementasinya dalam keluarga Kristen sekarang khususnya di kalangan GPdl wilayah Mengkendek. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan model pendidikan berbasis keluarga dalam Ulangan 6:4-9 dan relevansinya dalam keluarga khususnya di GPdl wilayah Mengkendek dengan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka jelas bahwa (1) Pendidikan berbasis keluarga menurut Ulangan 6:4-9 dipahami sebagai perintah Allah yang mutlak untuk dilaksanakan. (2) Mendidik anak dalam iman adalah tugas orang tua yang harus dilakukan secara berulang-ulang, kapan pun, dimana pun dan dalam keadaan apa pun harus dilaksanakan. (3) Model pendidikan berbasis keluarga menurut Ulangan 6:4-9 diimplementasikan di kalangan GPdl Wilayah Mengkendek dengan cara berdoa bersama, membaca dan merenungkan Alkitab, serta bersekutu bersama dalam ibadah yang diadakan oleh gereja dan penerapan model pendidikan ini telah memberikan dampak bagi anak-anak jemaat, diantaranya lebih menghormati orangtua, taat, rajin beribadah, peduli kepada sesama dan berhasil dalam pendidikan mereka. Tulisan ini diharapkan menjadi masukan bagi orangtua, ayah dan ibu dalam fungsinya sebagai pendidik anak agar bertanggung jawab penuh atas wewenang yang diberikan Tuhan untuk dilaksanakan bersama-sama, dan bagi gereja supaya lebih intens dalam mengajar dan membimbing jemaat untuk melakukan perintah Tuhan ini. ABSTRACT Pebe Untung, the title of the thesis: PENDIDIKAN BERBASIS KELUARGA with subtitles: Analisis Pedagogis tentang Model Pendidikan Berbasis Keluarga Dalam Ulangan 6:4-9 dan Implementasinya Dalam Kehidupan Keluarga di GPdl Wilayah Mengkendek Tana Toraja. The family is the first school for children, where children first leam a variety of things including faith in the Lord, and parents are teachers who are obliged to educate children. But the present condition, Christian families no longer function properly. Parents began releasing its responsibility to educate and give it to the church and school that resulted in a lack of knowledge of children about God. Starting firorn these problems, researchers were inspired to study the model of family-based education in Deuteronomy 6: 4-9 and implementation in a Christian family specially in the region GPdl Mengkendek. The purpose of this study was to analyze the implementation of family- based education model in Deuteronomy 6: 4-9 and relevance in the family, especially in the area GPdl Mengkendek using qualitative methods. Based on the research conducted, it is clear that (1) family-based education according to Deuteronomy 6: 4-9 is understood as God's absolute command to be carried out. (2) To educate children in the faith is the duty of parents to do repeatedly, anytime, anywhere and under any circumstances, should be implemented. (3) The family-based education model according to Deuteronomy 6: 4-9 is implemented in the region GPdl Mengkendek by praying together, reading and meditating on the Bible, as well as allied together in worship that is held by the church and the application of this model has an impact on children children's church, of which more respect for parents, obedient, diligent worship, caring for others and succeed in their education. This paper is expected to be input for the parents, father and mother in their function as educators of children in order to take full responsibility for the authority given by God to be implemented jointly, and for the church to be more intense in teaching and guiding the church to carry out God's command.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 09:46 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 09:46 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |