Aki, Wahyuningsih Waode (2022) Pola Asuh dan Self-Esteem: Analisis Kritis Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Self-esteem Anak Usia 11-19 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Durian Klasis Seriti. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
wahyu_skpp.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
wahyu_hd.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
wahyu_kp.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
wahyu_bab_1.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
wahyu_bab_2.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
wahyu_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
![]() |
Text
wahyu_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text
wahyu_bab_5.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
wahyu_dp.pdf Download (58kB) |
Abstract
Wahyuningsih Waode Aki. Pola Asuh dan Self Esteem Anak, Analisis Kritis Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Self-Esteem Anak Usia 11-19 Tahun di Gereja Toraja Jemaat Durian Klasis Seriti. Tesis Pascasarjana, Program Studi Teologi Pastoral Konseling, Institut Agama Kristen Negeri Toraja, 2022. Pola asuh adalah cara asuh yang dilakukan orangtua terhadap anaknya. Banyak orangtua yang kurang menyadari pentingnya pola asuh yang benar untuk anak sebagai pondasi karakternya kedepan atau dalam pembentukan self esteem anak. Penelitian ini ditujuan untuk mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan orangtua terhadap anak remaja usia 11 - 19 tahun dan menganalisis dampak pola asuh orangtua terhadap self esteem anak remaja usia 11 - 19 tahun di Gereja Toraja Jemaat Durian Klasis Seriti. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif sehingga peneliti berperan langsung sebagai sebagai instrument kunci, yang bertindak sebagai participant observer. Dalam penelitian kualitatif, kehadiran peneliti sangat penting kedudukannya, karena penelitian kualitatif adalah studi kasus, maka segala sesuatu sangat bergantung pada kedudukan peneliti. Dengan demikian peneliti berkedudukan sebagai instrumen penelitian yang utama. Ini bertujuan agar bisa mendapatkan pemahaman yang mendalam terhadap suatu masalah. Selain itu intrumen lain yang digunakan dalam mendapatkan data penelitian adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pada dasarnya tidak ada yang mumi pada satu jenis saja, demokratis saja, otoriter saja dan seterusnya. Namun tentu ada yang paling dominan dari yang diterapkannya. Pengetahuan orangtua tentang pola asuh yang benar anak dan bagaimana penerapannya berujung pada pembentukan self-esteem anak yang baik. Orangtua yang baik akan sangat mempertimbangkan dampak dari pola asuh yang dierapkannya demi pembetukan self-esteem anak. Dengan kesadaran itu, maka yang diharapkan adalah orang tua tidak akan memandang enteng dan bermain-main dengan perannya, tetapi sungguh dengan hikmat dan tuntunan Tuhan, para orang tua membekali diri serta terus memotivasi diri belajar bagaimana menerapkan pola asuh yang benar. Kata Kunci: Pola Asuh, Self Esteem.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 15:47 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 15:47 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |