Pendidikan: suatu Tinjauan Teologis tentang Pendidikan Menurut Kitab Amsal Pasal 2:1-9 dan Penerapannya dalam Kehidupan Peserta didik di SDN No.147 Kandora

Sumbung, Yelsi (2012) Pendidikan: suatu Tinjauan Teologis tentang Pendidikan Menurut Kitab Amsal Pasal 2:1-9 dan Penerapannya dalam Kehidupan Peserta didik di SDN No.147 Kandora. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
yelsi_hd.pdf

Download (259kB)
[img] Text
yelsi_kp.pdf

Download (263kB)
[img] Text
yelsi_bab_1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
yelsi_bab_2.pdf

Download (711kB)
[img] Text
yelsi_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
yelsi_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
yelsi_bab_5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
yelsi_dp.pdf

Download (66kB)
[img] Text
yelsi_lp.pdf

Download (9kB)
[img] Text
yelsi_cv.pdf

Download (19kB)

Abstract

Yelsi Sumbung 2012, Judul: “PENDIDIKAN”, Suatu Tinjauan Teologis Tentang Pendidikan Menurut Kitab Amsal Pasal 2:1-9 dan Bagaimana Guru PAK Menerapakannya dalam Kehidupan Peserta Didik Di SDN NO.147 Kandora Kecematan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Tri Otavia Silaban, S.Th selaku dosen pembimbing I dan Pdt. Drs. Daud Sangka P., M.Si selaku dosen pembimbing H. Pendidikan merupakan salah satu proses untuk mengubah kehidupan manusia, sehingga sekamg ini banyak orang telah melanjutkan pendidikannya sampai pada jenjang yang lebih tinggi. Namun saja dalam pendidikan itu bukan hanya pengetahuan yang penting tetapi yang paling penting adalah bagaimana agar pengetahuan dan pendidikan yang telah didapatkan itu dapat dipergunakan dengan baik. Jangan sampai pendidikannya sudah tinggi tetapi dalam kelakuannya setiap hari tidak baik. Dengan demikian agar peserta didik dapat hidup benar maka merekapun harus didik dan diberikan pengajaran dan pendidikan yang dapat mengubah kehidupannya dan dapat hidup sesuai dengan kehendak Allah. Oleh sebab itu agar peserta didik dapat berperilaku sesuai dengan Firman Allah maka guru agamapun harus menerapkan pendidikan-pendidikan yang ada dalam Alkitab terutama dalam Kitab Amsal. Dimana Kitab Amsal adalah suatu pedoman baik bagi orang tua maupun guru di sekolah dalam mendidik anak-anak dengan benar sehingga anak-anakpun akan mendapatkan suatu hikmat atau kebijaksanaan. Yang paling penting diterapkan dalam kehidupan peserta didik adalah soal kebenaran, kejujuran dan keadilan. Ketiga hal tersebut merupakan hal-hal untuk melakukan kehendak Allah. Peserta didik harus menanamkan ketiga hal tersebut dalam kehidupannya sehingga mereka dapat hidup benar, takut akan Tuhan serta akan memperoleh pengetahuan tentang Allah. Yang paling penting adalah ‘Takut akan Tuhan’ karena dari situlah sumber pengetahuan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sebuah penelitian lapangan yang besifat deskritif untuk mengkaji masalah yang akan dibahas dalam karya ilmiah ini. Kemudian metode yang penulis gunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara dan yang menjadi narasumber dalam penelitian in adai hanya guru agama yang mengajar di SDN NO.147 Kandora. Sehingga dengan menggunakan penelitian tersebut maka penulis akan melihat dan menemukan peran guru dalam menerapkan pendidikan menurut Kitab Amsal dalam kehidupan peserta didik dan itu telah dilaksanakan dengan baik dan penuh kesabaran walaupun hanya seorang guru agama Kristen.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Jan 2025 19:29
Last Modified: 30 Jan 2025 19:29
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4211

Actions (login required)

View Item View Item