Efektivitas Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan di TK Kristen Tombang Bori’

Patiung, Abigael (2020) Efektivitas Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan di TK Kristen Tombang Bori’. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
abigael_skpp.pdf

Download (122kB)
[img] Text
abigael_hd.pdf

Download (359kB)
[img] Text
abigael_kp.pdf

Download (360kB)
[img] Text
abigael_bab_1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
abigael_bab_2.pdf

Download (591kB)
[img] Text
abigael_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
abigael_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
abigael_bab_5.pdf

Download (52kB)
[img] Text
abigael_dp.pdf

Download (66kB)
[img] Text
abigael_lp.pdf

Download (712kB)
[img] Text
abigael_cv.pdf

Download (59kB)

Abstract

Abigael Patiung (1020164458) dengan judul skripsi “Efektivitas Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan di TK Kristen Tombang Bori’. Dibimbing oleh Novita Toding, M.Pd. dan Yanni Paembonan, M.Pd.K. Studi ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis yang melihat sikap anak yang sangat antusias dalam bermain sambil belajar tetapi perkembangan motoriknya belum berkembang sesuai yang diharapkan khususnya dalam menulis sebagian besar masih membutuhkan bantuan, belum mampu membedakan benda sesuai ukuran dan bentuknya, masih ada yang suka bermain individual, guru kurang kreatif dalam pembelajaran sehingga anak cepat bosan dan kurangnya kesadaran orangtua dalam membantu perkembangan motoriknya. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan efektivitas perkembangan motorik melalui permainan di TK Kristen Tombang Bori’. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan cara mendapatkan data melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi yang disesuaikan dengan teori yang berkaitan sesuai dengan topik yang diangkat sebagai pedoman menganalisis permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan yang dilakukan anak sangat membantu perkembangan motoriknya khususnya permainan puzzle dalam pembelajaran yang berdampak membantu anak untuk membedakan bentuk permainan sesuai warna dan ukurannya, membantu menggerakkan kepala, mata, dan kaki dengan rileks dan mengayunkan tangan akan terbiasa untuk mengambil permainan dengan mudah serta mampu menyusun benda sesuai urutan dan bentuknya. Dampak lain yaitu dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak atas apa yang dilihat dan didengar sehingga membuatnya kreatif, melatih kemampuan asah otak anak, melatih kesabaran dalam menyusun atau merangkai kembali potongan gambar menjadi utuh selain itu sangat memberi pengaruh hingga dapat berlanjut ke jenjang berikutnya hingga memberi hasil dan respon yang baik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 28 Jan 2025 18:11
Last Modified: 28 Jan 2025 18:11
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item View Item