Topadang, Rini (2016) Analisis Kritis tentang Rendahnya Pendidikan Anak di Lembang Ullin Kecamatan Rembon dalam Kaitanya dengan Praktik Adat Rambu Solo’. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
rini_hd.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
rini_kp.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
rini_bab_1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
rini_bab_2.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text
rini_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text
rini_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text
rini_bab_5.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
rini_dp.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
rini_cv.pdf Download (260kB) |
Abstract
Rini Topadang (20123513) Tahun 2016 menyusun Skripsi dengan judul: Analisis Kritis Tentang Rendahnya Pendidikan Anak di Kecamatan Rembon dalam Kaitanya dengan Praktik Adat Ramnbu Solo’.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bahwa orang tua sangat berperan penting untuk peningkatan pendidikan bagi anak-anak. Karya tulis ini bertolak dari pengamatan penulis melihat kehidupnya keluarga yang mengalami keadaan yang tidak semestinya karena disebabkan oleh kegiatan Mantunu khususnya cara Ranbu Solo’. Mantunu merupakan kegiatan lasim bagi orang Toraja namun dari kegiatan ini merindikasi pada tinggi rendahnya pendidikan bagi yang ikut berfartisipasi namu keadaan ekonomi yang kurang mendukung. Anak merupakan anugerah Allah yang berharga dan orang tua dituntut untuk mengarahkan menurut jalan yang patut bagi-Nya (Amsal 22:6) olehnya itu orang tua harus bertanggung jawab terhadap kelangsungan kehidupan anak-anaknya Salah satu di antaranya adalah terpenuhinya kebutuhan pendidikan (pendidikan formal). Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu (Amsal 29.T7). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pendidikan terhadap anak, di mana pendidikan mengarahkan mereka menjadi pribadi yang dewasa dan bertanggungjawab. Dalam meramgpung tulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan mengunakan observasi dan pengamatan, wawancara serta mengunakan teknik analisis melalui reduksi data, dan analisis data, jumlah narasumber yang di teliti adalah satu keluarga (Ambe Liling) hasil dari wawancara dan pengamatan tersebut yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Dari hasil penelitian analisis membuktikan bahwa dampak yang utama sehingga anak tidak dapat lanjut ke jejang lebih tinggi karena orang tua lebih mementingkan kegiatan ke upacara Adat Rambu Solo’ dari pada menyekolahkan anaknya yang terjawab dalam BAB IV skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 19:35 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 19:35 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |