Langi', Rarung Lince Liling (2010) Pendidik yang Mendidik: suatu Tinjauan Teologis-Praktis terhadap Pengaruh Sikap Keteladanan Hidup Guru PAK bagi Tingkah Laku Siswa SMP Negeri 3 Sanggalangi’ Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
rarung_hd.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
rarung_kp.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
rarung_bab_1.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
rarung_bab_2.pdf Download (947kB) |
![]() |
Text
rarung_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text
rarung_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
rarung_bab_5.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
rarung_dp.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
rarung_lp.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
rarung_cv.pdf Download (29kB) |
Abstract
RARUNG LINCE LILING LANGI’ 2010, “PENDIDIK YANG MENDIDIK” dengan Sub Judul suatu Tinjauan Teologis-Praktis Terhadap Pengaruh Keteladanan Hidup Guru PAK Bagi Prilaku Siswa di SMP Negeri 3 Sanggalangi’ Kabupaten Toraja Utara. Judul ini menggambarkan tentang keteladanan hidup yang wajib dimilki oleh guru-guru PAK yaitu pengetahuan, kedisiplinan, spritualitas, moralitas dan keterampilan. Karena dengan memiliki keteladanan hidup tersebut maka guru PAK dapat melangsungkan proses belajar mengajar dengan baik di sekolah. Sub judul ini dipilih atas dasar, bahwa dalam mengajar, keteladanan hidup guru-guru PAK sangat penting. Karena itu tujuan kajian teologis-praktis dalam sub judul ini dimaksudkan untuk mengetahui sikap dan upaya secara teologis dan secara praktis yang perlu dimiliki dan dilakukan oleh guru-guru PAK sehingga mampu memberi keteladanan hidup yang baik di sekolah, masyarakat dan lingkungan keluarga. Tugas guru PAK adalah tugas yang mulia, karena merupakan perintah dan panggilan dari Allah sendiri kepada manusia. Oleh sebab itu tugas tersebut harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab di hadapan Tuhan. Guru PAK bertugas dalam mengajarkan dan menyampaikan Firman Allah kepada peserta didik, supaya peserta didik memiliki iman dan kasih kepada Tuhan serta dapat memahami, menghayati dan melakukan ajaran iman Kristen dalam hidupnya berdasarkan Alkitab. Dalam penelitian ini, beberapa variabel akan menjadi fokus penulis antara lain "Keteladanan hidup guru PAK (variabel X) dan perilaku siswa (variabel Y)”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan memilih 50 responden dari siswa SMP Negeri 3 Sanggalangi’.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAK telah memberikan teladan yang baik kepada siswa sehingga siswa pun menampakkan sikap yang baik dalam tingkah lakunya. Dengan demikian kedisiplinan, spiritualitas dan moralitas secara simultan memiliki tingkat keterkaitan (korelasi) yang sangat signifikan dengan keteladanan sikap guru Pendidikan Agama Kristen. Keteladanan dalam hal kedisiplinan, spiritualitas dan moralitas guru Pendidikan Agama Kristen sebagian besar berpengaruh positif terhadap tingkah laku disiplin, spiritualitas dan moralitas siswa. Kedisiplinan, spritualitas dan moralitas guru PAK sudah baik, namun masih ada sebagian kecil siswa yang tidak memperlihatkan sifat-sifat yang baik. Hal ini dapat dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, masalah ekonomi, lingkungan tempat mereka bergaul sehari-hari, pengaruh IPTEK dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 19:30 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 19:30 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |