Peran Guru PAK Selaku Konselor dalam Menegakkan Kedisiplinan siswa di SMP Negeri SATAP 3 Sangalla Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja

Oktavianus, Oktavianus (2021) Peran Guru PAK Selaku Konselor dalam Menegakkan Kedisiplinan siswa di SMP Negeri SATAP 3 Sangalla Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
oktavianus_skpp.pdf

Download (71kB)
[img] Text
oktavianus_hd.pdf

Download (282kB)
[img] Text
oktavianus_kp.pdf

Download (246kB)
[img] Text
oktavianus_bab_1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
oktavianus_bab_2.pdf

Download (394kB)
[img] Text
oktavianus_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
oktavianus_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
oktavianus_bab_5.pdf

Download (123kB)
[img] Text
oktavianus_dp.pdf

Download (187kB)
[img] Text
oktavianus_cv.pdf

Download (100kB)

Abstract

Oktavianus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen, judul skripsi: Peran Guru PAK selaku Konselor dalam Menegakkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri Satap 3 Sangalla, Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja. Pembimbing Mathinus Kabe’, M.Pd.K dan Rinaldus Tanduklangi, M.Pd. Penulis mengangkat topik ini berangkat dari fenomena yang nampak di sekolah dan masih cukup banyak siswa yang tidak mengindahkan peraturan dan tata tertib di sekolah seperti jarang ke sekolah, membolos, tidak mengeijakan tugas, tidak memakai seragam sesuai dengan jadwal dan masih banyak tindakan yang memperlihatkan ketidakdisiplinan siswa yang terjadi di lokasi penelitian penulis. Dalam upaya penegakan tata tertib dan peraturan di sekolah Guru PAK diberi peran untuk mendisiplinkan perilaku siswa yang tidak tertib tersebut. Guru PAK bertindak bagi peserta didik yang mengalami masalah dalam perilaku belajarnya dengan mengarahkan, membentuk, dan mengubah peserta didik ke arah yang lebih baik. Pada Penelitian ini pendekatan yang penulis gunakan ialah pendekatan kualitatif yang terdiri dari: studi kepustakaan yaitu pengumpulan data melalui buku-buku serta berbagai sumber yang berkaitan dengan pembahasan ini dan penelitian lapangan yaitu pengumpulan data-data melalui wawancara dan observasi. Untuk mendukung penelitian ini maka informan penulis dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PAK dan Guru Mata pelajaran dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Guru PAK selaku konselor dalam menegakkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri Satap 3 Sangalla kurang maksimal karena guru PAK memiliki peran dan tanggung jawab yang cukup berat selain sebagai pengajar PAK juga merangkap sebagai wali kelas, pengajar budi pekerti dan juga banyak kegiatan sekolah lainnya yang dipercayakan kepada guru PAK tersebut sehingga perannya sebagai konselor bagi siswa dalam menegakkan kedisiplinan tidak bisa membagi waktunya, dalam upaya penegakkan kedisiplinan di sekolah hanya guru PAK yang diberi tanggung jawab tanpa ada dukungan dari guru lain, pada masa pandemi sistem pembelajaran dilakukan secara daring sehingga pantauan terhadap siswa kurang efektif, memberi arahan ketika ada laporan, dan melakukan bimbingan sebanyak 3 kali dengan peringatan lisan dan siswa yang bermasalah hanya diberi tugas membaca Alkitab dan ayat hafalan, mengikuti ibadah, membawa pupuk ke sekolah dan membersihkan lingkungan sekolah. Kata Kunci: Guru PAK, Peranan Guru PAK selaku Konselor, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 23 Jan 2025 14:28
Last Modified: 23 Jan 2025 14:28
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item View Item