Langi, Oktavyani Payung (2021) Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII di SMP Negeri 1 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
oktavyani_skpp.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
oktavyani_hd.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
oktavyani_kp.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
oktavyani_bab_1.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
oktavyani_bab_2.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
oktavyani_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text
oktavyani_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
![]() |
Text
oktavyani_bab_5.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
oktavyani_dp.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
oktavyani_lp.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
oktavyani_cv.pdf Download (280kB) |
Abstract
Oktavyani Payung Langi, 2021, Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VUI di SMP Negeri 1 Makale, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, dibawah bimbingan Rinaldus Tanduklangi, M.Pd dan Stephani I.M Siallagan, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangikarena rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII di SMP Negeri 1 Makale, dimana evaluasi menunjukkan hasil kognitif siswa tidak mencapai standar ketuntasan, sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII di SMP Negeri 1 Makale.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana subjek dari penelitian ini adalah guru agama dengan siswa.Teknik pengumpulan data melalui tinjauan pustaka,wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada beberapa faktor penyebab rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen yakni pertama, metode pembelajaran yang masih sangat sederhana yaitu metode ceramah,sehingga membuat siswa tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran. Kedua,kurangnya perhatiansiswa dalam belajar. Ketiga,kurangnya kedisplinan siswa, beberapa siswa ketika guru menjelaskan didepan mereka bermain dan bercerita dengan teman yang disampingnya.A'ee/w/jar, kurangnya minat siswa dalam pelajaran agama, beberapa siswa merasa bosan dalam belajar Pendidikan Agama Kristen dikarena guru hanya menjelaskan dan memberi tugas.Kesimpulan menjelaskan bahwa metode, materi, kedisiplinan dan minat merupakan faktor penyebab rendahanya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 19:40 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 19:40 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |