Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAK Kelas VIII DI SMP Negeri 2 Sopai

Ribka, Ribka (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAK Kelas VIII DI SMP Negeri 2 Sopai. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ribka_similarity_index.pdf

Download (103kB)
[img] Text
ribka_kp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ribka_bab_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ribka_bab_2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
ribka_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
ribka_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
ribka_bab_5.pdf

Download (52kB)
[img] Text
ribka_dp.pdf

Download (2MB)

Abstract

RIBKA. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sopai (dibimbing oleh Sumiaty dan Serdianus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapkan model pembelajaran Problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAK Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sopai. Problem Based Learning merupakan cara penyajian pelajaran dengan memanfaatkan permasalahan yang ditemui anak untuk digunakan sebagai bahan pelajaran yang kemudian permasalahan tersebut dibahas atau didiskusikan bersama untuk mendapatkan penyelesaian atau jalan keluarnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kurt Lewin, melalui 2 siklus. Metodologi penelitian meliputi jenis penelitian, setting penelitian, rancangan tindakan penelitian, indikator capaian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan); tes; dan dokumentasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus di mana pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dengan penerapan model PBL dilakukan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model PBL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen ( PAK) kelas VIII di SMP Negeri 2 Sopai dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:13
Last Modified: 30 Jul 2024 09:36
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item