Analisis Teologis Pedagogik terhadap Peranan Penatua dan Diaken dalam Melaksanakan Tugas di Gereja Toraja Jemaat Tandibulaan Klasis Tallunglipu

Sape, Herlina (2021) Analisis Teologis Pedagogik terhadap Peranan Penatua dan Diaken dalam Melaksanakan Tugas di Gereja Toraja Jemaat Tandibulaan Klasis Tallunglipu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
herlina_similarity_index.docx

Download (68kB)
[img] Text
herlina_hd.docx

Download (62kB)
[img] Text
herlina_kp.docx

Download (18kB)
[img] Text
herlina_bab_1.docx

Download (11kB)
[img] Text
herlina_bab_2.docx

Download (26kB)
[img] Text
herlina_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text
herlina_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text
herlina_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
herlina_dp.docx

Download (9kB)
[img] Text
herlina_lp.docx

Download (112kB)
[img] Text
herlina_cv.docx

Download (6kB)

Abstract

HERLINA SAPE (1020175560), menyusun skripsi ini dengan judul Analisis Teo logis-Pedagogik Terhadap Peranan Pena tua dan Diaken Dalam Melaksanakan Tugas di Gereja Toraja Jemaat Tandibulaan Klasis Tallunglipu. Di bawah bimbingan Bapak Fajar Kelana, M.Th dan Bapak Marthinus Kabe’,M.Pd.K. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan makna Teologis Pedagogik terhadap peranan penatua dan diaken dalam melaksanakan tugas di Gereja Toraja Jemaat Tandibulaan Klasis Tallunglipu. Beberapa teori yang dijabarkn sebagai jawaban sementara yaitu Penatua dan diaken dalam Alkitab, Tugas yang dilakukan oleh Penatua dan diaken, makna pelayanan dan makna pendidikan, bagi Penatua dan diaken, pengertian pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun informan dari penelitian ini yaitu pendeta, penatua, diaken dan anggota jemaat. Penelitian ini dilakukan di Gereja Toraja Jemaat Tandibulaan Klasis Tallunglipu dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa makna Teologis-Pedagogik terhadap peran penatua dan diaken tersebut jabatan yang sedang dipegang merupakan anugerah dari Tuhan yang dipercayakan untuk dilakukan dengan tindakan yang nyata, penuh tanggungjawab dan hati yang ikhlas. Serta makna pendidikan bagi penatua dan diaken merupakan hal yang penting bagi anggota jemaat karena dari pendidikan akan membawa perubahan pada diri anggota jemaat. Kata Kunci: Makna Teologis-Pedagogik peranan Penatua dan diaken.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 14 Feb 2024 14:46
Last Modified: 30 Jul 2024 15:23
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item