Payung Tasik, Wanni (2023) Implementasi Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas III di SDN 2 Rantepao. Diploma thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
There is a more recent version of this item available. |
Text
wanni_similarity.pdf Download (185kB) |
|
Text
File 2 ( Kata Pengantar dan BAB I ).pdf Download (343kB) |
|
Text
File 3 ( BAB II ).pdf Download (348kB) |
|
Text
File 4 ( BAB III ).pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
File 5 ( BAB IV ).pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text
File 6 ( BAB V ).pdf Download (159kB) |
|
Text
File 7 ( DAFTAR PUSTAKA ).pdf Download (230kB) |
Abstract
Wanni Payung Tasik, 2023. Implementasi Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Kelas III Di SDN 2 Rantepao (dibimbing oleh Hermin Bollan dan Trisnawadi Darius) Berdasarkan observasi awal penulis di kelas III SDN 2 Rantepao, bahwa hasil belajar rendah dalam proses pembelajaran disebabkan 6 hal. (1) siswa kurang memahami materi, (2) kurang berperan dalam pembelajaran, (3) lebih senang bermain, (4) keseriusan dalam belajar kurang, (5)lebih suka bercerita dan keluar masuk kelas, (6) kurangnya penggunaan media gambar. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi media gambar. Media gambar adalah media yang paling umum dilakukan yang merupakan pembahasan umum sehingga dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAK kelas III di SDN 2 Rantepao. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian akan dilaksanakan di kelas III SDN 2 Rantepao, berada di Kecamatan Rantepao tepatnya di Kelurahan Singki’ jarang dari jalan poros ke sekolah kira-kira 300 meter dan dapat dijangkau oleh kendaraan umum, waktu penelitian ini dilakukan Juni 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dengan instrumen yang digunakan ialah (1) rpp, (2) buku catatan, (3) gambar, (4) alat perekam, (5) kamera. Dalam hal ini teknik analisis data yang dilakukan ialah menggunakan kriteria penskoran hasil belajar siswa sehingga dapat diketahui skor hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan media gambar pada siklus I diperoleh data yaitu ranah afektif 100%, pada ranah kognitif 27%, dan ranah psimotorik 81%. Kemudian pada siklus II ranah kognitif 100%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa implementasi media gambar pada mata pelajaran PAK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 2 Rantepao. Kata kunci: media gambar, belajar, pembelajaran PAK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media gambar, belajar, pembelajaran PAK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 10:19 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/268 |
Available Versions of this Item
- Implementasi Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas III di SDN 2 Rantepao. (deposited 23 Aug 2023 07:50) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |