Marwan, Yolvin (2023) Penerapan Metode Role Palying untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran PAK di SMP PGRI Buntu Datu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yolvin_kata_pengantar_bab_1.pdf Download (588kB) |
|
Text
yolvin_bab_2.pdf Download (661kB) |
|
Text
yolvin_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
yolvin_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) | Request a copy |
|
Text
yolvin_bab_5.pdf Download (383kB) |
|
Text
yolvin_daftar_pustaka.pdf Download (387kB) |
Abstract
Penelitian ini diangkat karena pada kondisi awal ditemukan rendahnya keaktifan belajar siswa (33%) pada mata pelajaran PAK kelas VII SMP PGRI Buntudatu berjumlah 13 siswa,. Dengan menawarkan penerapan metode role playing yang tujuannya sejalan dengan teori Kemmis dan Taggar, bahwa metode ini membuar proses pembelajaran menjadi menarik, dapat membengun keaktifan belajar siswa, motivasi dan minat siswa, memperjelas bahna ajar, seta membangun metode ajar menjadi lebih variatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan metode role playing untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan menggunakan lembar cheklis untuk mengamati dan mengetahui perkembangan keaktifan belajar siswa. Selain itu, pengumpulan data dengan menganalisis dokumen dilakukan untuk mengetahui gaya belajar siswa, yang kemudian dilakukan oleh peneliti untuk membantu penerapan metode role playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan metode role playing dalam bermain peran, maka keaktifan belajar siswa: kesiapan siswa, terlibat dalam proses pemecahan masalah, melakukan diskusi kelompok, aktif bertanya, dan interaksi dengan guru pada siklus II berada pada 85%. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Metode Role Playing, PTK.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Metode Role Playing, PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 05:39 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 14:35 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/84 |
Actions (login required)
View Item |