Lolok, Andika Tandi (2016) Panggilan Pelayanan Guru Sekolah Minggu: Analisis Pedagogik tentang Implementasi Pemahaman Panggilan Pelayanan oleh Guru Sekolah Minggu di Jemaat Tilengko Klasis Rantepao Barat. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
andika_hd.docx Download (49kB) |
|
Text
andika_kp.docx Download (9kB) |
|
Text
andika_bab_1.docx Download (10kB) |
|
Text
andika_bab_2.docx Download (33kB) |
|
Text
andika_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
andika_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
andika_bab_5.docx Download (7kB) |
|
Text
andika_dp.docx Download (6kB) |
|
Text
andika_lp.docx Download (5kB) |
|
Text
andika_cv.pdf Download (401kB) |
Abstract
Andika Tandi Lolok (20123345), Tahun 2016. Menyusun skripsi dengan judul: Analisis Pedagogik tentang Implementasi Panggilan Pelayanan oleh Guru Sekolah Minggu di Jemaat Tilengko Klasis Rantepao Barat. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pemahaman dan cara guru Sekolah Minggu mengimplementasikan pemahaman panggilan pelayanan terhadap anak Sekolah Minggu di Jemaat Tilengko Klasis Rantepao Barat. Guru Sekolah Minggu adalah orang yang mau menerima panggilan Tuhan dan memberi diri untuk menjadi pelayan Tuhan melalui anak-anak Sekolah Minggu yang mempunyai tugas utama yaitu menuntun anak-anak Sekolah Minggu untuk mengenal dan menerima Kristus sebagai Juruselamatnya. Hal ini perlu diperhatikan oleh seorang guru Sekolah Minggu untuk dipersiapkan dengan baik ketika hendak mengajar anak Sekolah Minggu. Oleh karena itu diperlukan pemahaman tentang bagaimana menerapkan tugas sebagai guru Sekolah Minggu yang merupakan panggilan pelayanan dari Tuhan. Karena itulah diperlukan persiapan yang benar-benar matang, bukan mengajar tanpa melakukan persiapan yang mengakibatkan anak Sekolah Minggu tidak mengerti dan tidak memahami apa yang diajarkan. Hal inilah yang kemudian menjadi bahan pemikiran penulis untuk melihat bagaimana cara guru Sekolah Minggu mengimplementasikan panggilan pelayanan oleh guru Sekolah Minggu. Dalam merampung penulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara serta menggunakan teknis analisis melalui reduksi data, dan analisis data. Jumlah narasumber yang diteliti adalah tujuh orang guru Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat Tilengko. Penulis mewawancarai setiap narasumber dan dari hasil wawancara tersebut yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa guru Sekolah Minggu belum sepenuhnya memahami tugas sebagai guru Sekolah Minggu yang merupakan panggilan pelayanan Tuhan, sehingga belum maksimal penerapannya dalam melayani anak-anak Sekolah Minggu. Hal ini terbukti dari jawaban narasumber yang belum sepenuhnya memahami tugas utama sebagai guru Sekolah Minggu di mana mereka hanya memahami tugas sebagai guru sekolah minggu sebatas mengajar, mempersiapkan diri sebelum mengajar dan mendidik anak Sekolah Minggu. Hal ini mengakibatkan pengajaran yang monoton, membosankan dan tidak kreatif, padahal tugas sebagai guru Sekolah Minggu merupakan panggilan pelayanan dari Tuhan yang harus diimplementasikan dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 19:05 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:05 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/766 |
Actions (login required)
View Item |