Bura, Meryam (2023) Analisis SWOT Strategi Pengelolaan Kelas Guru PAK dalam Mendukung Keaktifan Belajar Siswa Kelas VI di SDN 13 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
bura_similarity_index.pdf Download (187kB) |
|
Text
bura_kp_bab_1.pdf Download (959kB) |
|
Text
bura_bab_2.pdf Download (880kB) |
|
Text
bura_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) | Request a copy |
|
Text
bura_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text
bura_bab_5.pdf Download (377kB) |
|
Text
bura_dp.pdf Download (247kB) |
Abstract
Meryam Bura, 1020196970. Analisis SWOT Strategi Pengelolaan Kelas Guru PAK Dalam Mendukung Keaktifan Belajar Siswa Kelas VI di SDN 13 Makale (dibimbing oleh Pebrianty, S.KM., M.Kes. dan Mery Toban, S.Th., M.Pd.K.). Penelitian ini berangkat dari masalah kurangnya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan sehingga perlu adanya strategi pengelolaan kelas oleh guru yang diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis SWOT strategi pengelolaan kelas guru PAK dalam mendukung keaktifan belajar siswa kelas VI di SDN 13 Makale. Adapun jenis metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif, melalui studi lapangan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil analisis SWOT dalam penelitian ini diperoleh strategi pengelolaan kelas yang tepat dalam mendukung keaktifan belajar siswa antara lain: Mengajar dengan menggunakan metode yang kreatif dan media yang bervariasi, membuat kesepakatan dengan peserta didik untuk belajar mandiri mengerjakan tugas sesuai jadwal pelajaran ketika guru terlambat hadir dikelas, menata posisi barang-barang dalam ruangan dengan rapi dan bersih, memindahkan posisi tempat duduk siswa yang menggangu suasana kelas jika sewaktu-waktu dibutuhkan, membuat kesepakatan dengan peserta didik untuk tertib ketika tidak ada guru dikelas dan kesepakatan untuk hadir tepat waktu antara guru dan peserta didik, serta guru PAK menghubungi guru lain untuk mengawasi dan memberikan tugas kepada peserta didiknya jika berhalangan untuk hadir.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | m3 yulius p. |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 06:08 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:37 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/663 |
Actions (login required)
View Item |