Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Penguatan (Reward Bintang) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IV di UPT SDN 7 Makale Selatan

Salu, Verawati Sampe (2023) Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Penguatan (Reward Bintang) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IV di UPT SDN 7 Makale Selatan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
salu_similarity.pdf

Download (185kB)
[img] Text
salu_kp_bab_1.pdf

Download (665kB)
[img] Text
salu_bab_2.pdf

Download (810kB)
[img] Text
salu_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
salu_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
salu_bab_5.pdf

Download (468kB)
[img] Text
salu_dp.pdf

Download (405kB)

Abstract

Verawati Sampe Salu, 1020196417 tahun 2023 menyusun skripsi ini yang berjudul ” Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas IV di UPT SDN 7 Makale Selatan”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas IV UPT SDN 7 Makale Selatan, yang ditandai dengan siswa kurang aktif, cepat bosan, rendahnya tingkat perhatian siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya respon siswa atas tugas yang diberikan. Mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengangkat strategi pemberian penguatan ( Reward Bintang). Tujuan yang akan di capai dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Penguatan (Reward Bintang) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas IV di UPT SDN 07 Makale Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, masing-masing satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkan pemberian penguatan (Reward bintang), mengalami peningkatan pada motivasi belajar. Pada siklus pertama, peningkatan motivasi belajar siswa yaitu 63% dan pada siklus kedua yaitu 81%, dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menerapkan pemberian reward pada mata pelajaran pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 26 Dec 2023 06:54
Last Modified: 30 Jul 2024 08:33
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item