Penerapan Strategi "Point Counter Point" (PCP) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PAK di UPT SDN 8 Makale

Mule, Krisdayanti Betri (2023) Penerapan Strategi "Point Counter Point" (PCP) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PAK di UPT SDN 8 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
mule_similarity.pdf

Download (396kB)
[img] Text
mule_kp_bab_1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
mule_bab_2.pdf

Download (669kB)
[img] Text
mule_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
mule_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text
mule_bab_5.pdf

Download (344kB)
[img] Text
mule_dp.pdf

Download (356kB)

Abstract

Kondisi awal di UPT SDN 8 Makale ditemukan rendahnya keaktifan belajar siswa pada kategori cukup mencapai 35,4% dengan jumlah 23 siswa dengan indikator keberanian berpendapat, kerjasama, mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, dan bertanya dalam proses pembelajaran. Dengan penawaran strategi point counter point menerapkan startegi pointcounter point untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAK di UPT SDN 8 Makale.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan melakukan 4 tahap, yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan menggunakan lembar cheklis untuk mengamati dan mengetahui perkembangan keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan strategi point counter point dalam menyampaikan pendapat atau gagasan dalam diskusi kelompok, maka keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari pemecahan masalah, kerjasama kelompok, mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas dan berani menjawab dan bertanya dalam proses pembelajaran. Dimana awal pra-Siklus yang diperoleh 35,4%, pada siklus 1 mencapai 57,4% dalam kategori cukup, dan siklus 2 mencapai perolehan peningkatan 80,3% dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 25 Dec 2023 23:01
Last Modified: 30 Jul 2024 08:28
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item