Analisis Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Permainan Bowling di Kelompok Bermain Harapan Leso

Embong, Melda (2025) Analisis Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Permainan Bowling di Kelompok Bermain Harapan Leso. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
melda_skpp.pdf

Download (78kB)
[img] Text
melda_hd.pdf

Download (256kB)
[img] Text
melda_kp.pdf

Download (496kB)
[img] Text
melda_bab_1.pdf

Download (574kB)
[img] Text
melda_bab_2.pdf

Download (661kB)
[img] Text
melda_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
melda_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
melda_bab_5.pdf

Download (535kB)
[img] Text
melda_dp.pdf

Download (509kB)
[img] Text
melda_lp.pdf

Download (410kB)
[img] Text
melda_lp2.pdf

Download (820kB)
[img] Text
melda_cv.pdf

Download (408kB)

Abstract

Persoalan yang terjadi dilapangan saat mengadakan observasi awal yakni perkembangan motorik kasar anak masih kurang melalui kegiatan permainan bowling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan motorik kasar pada anak usia 5—6 tahun melalui kegiatan permainan bowling di Kelompok Bermain Harapan Leso. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori dasar yang digunakan tentang perkembangan motorik kasar merupakan perkembangan yang berhubungan dengan kemampuan anak dalam melibatkan otot-otot besar seperti tengkurap, duduk, berjalan, berlari melempar dan bowling adalah cabang olahraga yang permainannya mengelindingkan bola khusus untuk menjatuhkan pin atau gada yang berjejer, kemudian dapat di tata kembaliHasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan motorik kasar anak akan berkembang dengan adanya permainan bowling yang diterapkan secara berulang-ulang sehingga anak yang belum bisa mengontrol keseimbangan tubuh, koordinasi gerak terkontrol dan koordinasi kelincahan akan berkembang ketika adanya permainan yang melibatkan perkembangan motorik kasar anak seperti permainan bowling. Kata kunci: Motorik Kasar Anak Usia Dini , Permainan Bowling. ABSTRACT The research issue focuses on the development of gross motor skills in children through bowling activities. This study aims to analyze the development of gross motor skills in children aged 5–6 years through bowling games at Kelompok Bermain Harapan Leso. The research employs a qualitative descriptive approach with three participants. Data collection techniques include interviews, observation, and documentation. The theoretical foundation used in this study relates to gross motor development, which involves a child's ability to use large muscles such as those used for crawling, sitting, walking, running, throwing, and bowling. Bowling is a sport where a specially designed ball is rolled to knock down pins that are arranged in a row and can be reset. The results of this study show that the gross motor development of children improves through the repeated implementation of bowling games. Children who initially struggle with body balance can improve when engaged in activities that involve gross motor skills, such as bowling. Keywords: gross motor development, bowling games.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 31 Jul 2025 09:14
Last Modified: 31 Jul 2025 09:14
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4835

Actions (login required)

View Item View Item