Belopadang, Desrima Natalia (2025) Motivasi Belajar Mahasiswa Psikologi Kristen Angkatan Pertama dalam Menyusun Skripsi Berdasarkan Teori Efikasi Diri. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
desrima_skpp.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
desrima_hd.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
desrima_bab_1.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
desrima_bab_2.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
desrima_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text
desrima_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text
desrima_bab_5.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
desrima_dp.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
desrima_lp.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
desrima_lp2.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
desrima_cv.pdf Download (150kB) |
Abstract
Mahasiswa angkatan pertama seringkali menghadapi tantangan unik dalam menyusun skrisi seperti kurangnya tradisi akademik dan contoh dari senior, yang dapat memengaruhi motivasi dan kepercayaan diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar mahasiswa Psikologi Kristen berdasarkan teori efikasi diri. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terhadap dua subjek mahasiswa Psikologi Kristen yang sedang menyusun skripsi. Hasil penelitian yang berdasarkan tiga dimensi efikasi diri menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa Psikologi Kristen dalam menyusun skripsi sangat dipengaruhi oleh keyakinan mereka terhadap kemampuan diri. Tingkat efikasi diri yang rendah dapat menyebabkan penundaan dan penurunan motivasi, sementara kekuatan efikasi diri yang tinggi mendorong ketekunan dan upaya dalam menghadapi kesulitan. Generalisasi efikasi diri dari pengalaman masa lalu memberikan fondasi keyakinan yang kuat, tetapi juga menunjukkan bahwa tidak semua mahasiswa dapat menggeneralisasi efikasi diri mereka secara konsisten. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mendapatkan dukungan yang memadai dan membangun pengalaman positif untuk meningkatkan motivasi belajar mereka dalam proses penyusunan skripsi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Efikasi Diri, dan Skripsi ABSTRACT First-year students often face unique challenges in writing their theses, such as a lack of academic tradition and examples from seniors, which can affect their motivation and self-confidence. This study aims to examine the learning motivation of Christian Psychology students based on self-efficacy theory. Using a qualitative approach, this study involved in-depth interviews, observations, and document analysis of two Christian Psychology students who were writing their theses. The results of the study, based on three dimensions of self-efficacy, indicate that the learning motivation of Christian Psychology students in writing their theses is greatly influenced by their belief in their own abilities. Low self-efficacy can lead to procrastination and decreased motivation, while high self-efficacy promotes perseverance and effort in facing difficulties. Generalizing self-efficacy from past experiences provides a strong foundation of belief, but it also shows that not all students can consistently generalize their self-efficacy. Therefore, it is important for students to receive adequate support and build positive experiences to enhance their learning motivation in the thesis writing process. Keywords: Learning Motivation, Self-Efficacy, and Thesis.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:47 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 08:47 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |