Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa IAKN Toraja Menggunakan Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran

Sefani, Marchela (2025) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa IAKN Toraja Menggunakan Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
marchela_skpp.pdf

Download (56kB)
[img] Text
marchela_hd.pdf

Download (311kB)
[img] Text
marchela_kp.pdf

Download (312kB)
[img] Text
marchela_bab_1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
marchela_bab_2.pdf

Download (626kB)
[img] Text
marchela_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
marchela_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
marchela_bab_5.pdf

Download (194kB)
[img] Text
marchela_dp.pdf

Download (285kB)
[img] Text
marchela_lp.pdf

Download (339kB)
[img] Text
marchela_lp2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
marchela_cv.pdf

Download (146kB)

Abstract

Marchela Sefania, 2025. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa IAKN Toraja Menggunakan Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran. Di bimbing oleh Bartolomius Budi, S.Pd., M.Th. dan Setblon Tembang, M.Th. penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang tercermin dari kecenderungan menerima informasi digital secara pasif tanpa analisis yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis mahasiswa IAKN Toraja menggunakan literasi digital dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mulai menunjukkan keterampilan berpikir kritis dalam menggunakan literasi digital. Mereka tidak hanya mengakses informasi, tetapi juga menganalisis kredibilitas sumber, mengevaluasi relevansi konten, dan menciptakan materi pembelajaran seperti presentasi, ringkasan, dan video edukatif. Namun, sebagian mahasiswa masih terbatas dalam hal jumlah referensi dan belum sepenuhnya mendalam dalam mengevaluasi informasi. Dengan demikian, keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam menggunakan literasi digital berada pada tahap berkembang dan membutuhkan bimbingan yang berkelanjutan untuk mencapai pemahaman dan penerapan yang lebih optimal. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi Digital, Pembelajaran ABSTRACT Marchela Sefania, 2025. Analysis Of Critical Thinking Skills of IAKN Toraja Students Using Digital Literacy In the Learning Process. Supervised by Bartolomius Budi, S.Pd., M.Th. and Setblon Tembang, M.Th. This research is motivated by the low critical thinking skills of students which are reflected in the tendency to receive digital information passively without in-depth analysis. This study aims to analyze the critical thinking skills of IAKN Toraja students using digital literacy in the learning process. The research method used in this study is descriptive qualitative research with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results of the study show that students are starting to demonstrate critical thinking skills in using digital literacy. They not only access information, but also analyze the credibility of sources, evaluate, content relevance, and create learning materials such as presentations, summaries, and educational videos. However, some students are still limited in terms of the number of references and have not fully in-depth in evaluating information. Thus, students critical thinking skills in using digital literacy are at a developing stage and require ongoing guidance to achieve more optimal understanding and application. Keywords: Critical Thinking Skills, Digital Literacy, Learning.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 29 Jul 2025 10:19
Last Modified: 29 Jul 2025 10:19
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item