Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas XI.5 di SMA Negeri 8 Tana Toraja

Belopa, Yudith Tandi (2025) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas XI.5 di SMA Negeri 8 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
yudith_skpp.pdf

Download (60kB)
[img] Text
yudith_hd.pdf

Download (300kB)
[img] Text
yudith_kp.pdf

Download (206kB)
[img] Text
yudith_bab_1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
yudith_bab_2.pdf

Download (889kB)
[img] Text
yudith_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
yudith_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
yudith_bab_5.pdf

Download (198kB)
[img] Text
yudith_dp.pdf

Download (288kB)
[img] Text
yudith_lp.pdf

Download (538kB)
[img] Text
yudith_lp2.pdf

Download (743kB)
[img] Text
yudith_cv.pdf

Download (156kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis terkait implementasi kurikulum merdeka pada pengembangan karakter disiplin peserta didik kelas XI.5 pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen di SMA negeri 8 Tana Toraja. Kurikulum merdeka adalah rancangan kurikulum yang memberikan pengajaran terhadap peserta didik tidak sekedar dalam dimensi pengetahuan saja, namun juga diperluas tentang keterampilan serta nilai yang baik dengan tujuan supaya peserta didik tidak sekedar ilmu pengetahuan saja yang luas, namun juga memiliki keterampilan, karakter dan sikap yang baik. Pada penelitian ini yang digunakan metodenya adalah kualitatif dengan studi lapangan yang dimana data dikumpulkan lewat teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan jika implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk pengembangan karakter disiplin peserta didik sudah dilaksanakan lewat tiga langkah diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan dan melakukan evaluasi. Selain itu penelitian juga menyimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka belum terimplementasi secara menyeluruh dan efektif dalam pembelajaran, sehingga tujuan utama kurikulum ini, yaitu pengembangan karakter peserta didik secara holistik, khususnya dalam hal kedisiplinan, belum dapat tercapai secara maksimal. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Kristen, Karakter Disiplin . ABSTRACT The purpose of this study was to conduct an analysis related to the implementation of the independent curriculum in developing the character of discipline of class XI.5 students in the subject of Christian religious education at SMA Negeri 8 Tana Toraja. The independent curriculum is a curriculum design that provides teaching to students not only in the dimension of knowledge, but also expanded on skills and good values with the aim that students not only have broad knowledge, but also have good skills, character and attitudes. In this study, the method used was qualitative with field studies where data was collected through interview techniques, observation and documentation. The conclusion of this study shows that the implementation of the independent curriculum in Christian Religious Education learning for the development of student discipline has been carried out through three steps including planning, implementation and evaluation. In addition, the study also concluded that there was progress in the development of student discipline, although not optimally. Keywords: Independent Curriculum, Christian Religious Education, Disciplined Character.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 28 Jul 2025 11:35
Last Modified: 28 Jul 2025 11:35
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item