Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menangani Penggunaan Bahasa Toksik Siswa di SMKN 1 Tana Toraja

Karangan, Isak (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menangani Penggunaan Bahasa Toksik Siswa di SMKN 1 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
isak_similarity_index.pdf

Download (233kB)
[img] Text
isak_kp.pdf

Download (387kB)
[img] Text
isak_bab_1.pdf

Download (699kB)
[img] Text
isak_bab_2.pdf

Download (856kB)
[img] Text
isak_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
isak_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
isak_dp.pdf

Download (478kB)

Abstract

Melihat fenomena saat ini dalam berinteraksi saat mengalami kemerosotan nilai. Khususnya kaum remaja yang dalam pergaulannya mendapat berbagai bentuk gaya bicara. Penggunakan bahasa toksik merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan sekolah terkhusus guru pendidikan agama Kristen. Salah satunya adalah penggunaan bahasa toksik oleh siswa SMKN 1 Tana Toraja yang seharusnya sebagai remaja Kristen maka tidak sepatutnya menggunakan bahasa toksik. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana peran guru PAK dalam menangani penggunaan bahasa toksik di SMKN 1 Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, kepustakaan dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru PAK di SMKN 1 Tana Toraja telah melaksanakan perannya sebaga pendidik, pemimpin, teladan, dan komunikator dalam menangani penggunaan bahasa toksik akan tetapi faktor lingkungan dan sosial media menjadi sarana tersebarnya penggunaan bahasa toksik. Kata kunci : Bahasa toksik, Peran, guru PAK

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Bahasa toksik, Peran, guru PAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Feb 2024 16:17
Last Modified: 30 Jul 2024 10:34
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item