Penerapan Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII SMPN 1 Sesenapadang.

Bonggalangi, Alfian (2023) Penerapan Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII SMPN 1 Sesenapadang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
1 File 1 Hasil Similarity.pdf

Download (77kB)
[img] Text
2 file 2 Kata Pengantar dan Bab 1.pdf

Download (625kB)
[img] Text
3 File 3 Bab 2.pdf

Download (682kB)
[img] Text
4 File 4 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
5 File 5 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
6 File 6 Bab 5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
7 File 7 Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas VIII.B di SMPN 1 Sesenapadang. Mengkendek: Program Studi; PAK, Fakultas; FKIPK, IAKN-Toraja. Data dikumpulkan berdasarkan angket dan pengamatan terhadap minat belajar. Tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus dan per siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sesenapadang kelas VIII.B sebanyak 25 orang siswa di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui tahapan pembelajaran inquiri yang diadaptasi dari Wina Sanjaya. Tindakan kelas dilakukan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Berdasarkan indikator capaian yang dihitung dalam bentuk persentase, peningkatan minat belajar siswa dikatakan berhasil apabila telah mencapai persentase sebesar 76-85% dengan kategori “baik” dan 86-100% dengan kategori “sangat baik”. Setelah tindakan dilaksanakan maka disimpulkan bahwa penerapan inquri sangat signifikan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tahapan dari teori Wina Sanjaya adalah langkah-langkah inquiri yang terbukti dapat meingkatkan minat belajar siswa. Tindakan penelitian menunjukkan hasil, yaitu adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAK. Penerapan model pembelajaran inquiri dapat diaplikasikan terkait peningkatan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAK merupakan kesimpulan penelitian ini. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiri, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:49
Last Modified: 30 Jul 2024 10:30
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item