Kapuangan, Abdiel Putra (2025) Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pong Hingis dalam Meningkatkan Jumlah Produk penjualan di Kecamatan Tikala Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
abdiel_skpp.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
abdiel_hd.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
abdiel_kp.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
abdiel_bab_1.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
abdiel_bab_2.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
abdiel_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
![]() |
Text
abdiel_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
![]() |
Text
abdiel_bab_5.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
abdiel_dp.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
abdiel_lp.pdf Download (791kB) |
![]() |
Text
abdiel_lp2.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
abdiel_cv.pdf Download (342kB) |
Abstract
Abdiel Putra Kapuangan. “ Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pong Hingis dalam Meningkatkan Jumlah Produk Penjualan Di Kecamatan Tikala Kabupaten Toraja Utara”. Skripsi ini di bimbing oleh Bapak Dr. Amos Susanto, M. Th sebagai dosen pembimbing satu dan Bapak Markus Sakke Pauranan, S. E., M. Ag sebagai dosen pembimbing dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Usaha Pong Hingis dalam meningkatkan jumlah produk penjualan di Kecamatan Tikala Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan bauran pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, dan Promosi) sebagai kerangka analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini meliputi pemilik usaha, karyawan, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Pong Hingis menerapkan strategi pemasaran 4P yang efektif. Ini mencakup produk tempe/tahu berkualitas baik, harga kompetitif, distribusi efisien ke pasar dan langsung ke konsumen, serta promosi melalui media sosial, papan nama, dan komunikasi mulut ke mulut. Penerapan strategi ini berdampak positif terhadap peningkatan jumlah produk yang terjual setiap harinya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Pong Hingis, Bauran Pemasaran, Penjualan. ABSTRACT Abdiel Putra Kapuangan, “Analysis of Pong Hingis Business Marketing Strategy in increasing the number of sales products in Tikala District, North Toraja Regenency”. This thesis is supervised by Mr. Dr. Amos Susanto, M. Th as the first supervisor and Mr. Markus Sakke Pauranan, S.E., M.Ag as the second supervisor. The purpose of this study is to find out the marketing strategy of the Pong Hingis Business in increasing the number of sales products in Tikala District, North Toraja Regency. This study uses the 4P (Product, Price, Venue, and Promotion) marketing mix as an analytical framework. The research method used is qualitative descriptive, with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The informants of this study include business owners, employees, and consumers. The results of the study show that Pong Hingis Usaha implements an effective 4P marketing strategy. This includes good quality tempeh/tofu products, competitive prices, efficient distribution to the market and directly to consumers, as well as promotion through social media, signage, and word-of-mouth communication. The implementation of this strategy has a positive impact on increasing the number of products sold every day. Keywords: Marketing Strategy, UMKM, Pong Hingis, Marketing Mix, Sales.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 11:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 11:38 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |