Duapadang, Natan (2024) Rekonstruksi Meja Makan sebagai Wadah Pendidian Agama Kristen di Era Generasi Z dalam Keluarga Siswa SMKN I Tana Toraja. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
natan_skpp.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
natan_hd.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
natan_kp.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
natan_bab_1.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
natan_bab_2.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
natan_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text
natan_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text
natan_bab_5.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
natan_dp.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
natan_lp.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
natan_cv.pdf Download (149kB) |
Abstract
Rekonstruksi meja makan diperlukan guna untuk mendukung terciptanya proses pendidikan di meja makan dalam keluarga khususnya dalam pertumbuhan dan perkembangan siswa di era generasi Z sekarang ini. Renggananya hubungan antara orang tua dan anak berpontensi melahirkan generasi yang acuh tak acu, berkarakter tidak baik. Karena itu peluang bagi keluarga untuk memberikan pendidikan salah satunya adalah di meja makan. Kebersamaan di meja makan akan menciptakan banyak hal, seperti membangun kebersamaan, rasa syukur, cinta kasih, kedekatan, keterbukaan, kesetaraan, serta pertumbuhan spititual yang berdampak kepada karater anggota keluarga khususnya kepada anak. Generasi Z menghadapi berbagai tantangan seiring berkembangnya teknologi sekarang ini. Hal ini banyak menyita waktu kebersamaan dengan keluarga mengakibatkan terjadi kerenggangan antara satu dengan yang lain. Lebih akrab dengan orang di dunia maya dibandingkan dengan orang-orang yang ada di sekeliling mereka. Karena itu, peran keluarga, orang tua, anak, dan juga pihak sekolah sangat penting untuk merekonstruksi meja makan dengan mengembalikan suasana makan bersama sebagai wadah pendidikan agama kristen sebagaimana mestinya. Dengan pendekatan kualitatif, deskriktif, membuktikan bahwa kenyataan dalam keluarga kristen siswa SMKN 1 Tana Toraja telah megngalami perubahan signifikan terhadap kepdulian makan bersama. Hal ini tidak lagi terlaksana sebagaimana yang diharapkan sehingga berdampak kepada perilaku setiap anggota keluarga. Kata Kunci : Rekonstruksi, Pendidikan agama kriten, makan di meja makan, Generasi Z, ABSTACK Reconstruction of the dining table is needed to support the creation of an educational process at the dining table in the family, especially in the growth and development of students in the current Generation Z era. One of the opportunities for families to provide education is at the dinner table. Being together at the dinner table will create many things, such as building togetherness, gratitude, love, closeness, openness, equality, and spiritual growth which has an impact on the character of family members, especially children. Generation Z faces various challenges as technology develops today. This takes up a lot of time spent with family, resulting in estrangement between one another. More familiar with people in cyberspace than with the people around them. Therefore, the role of families, parents, children and also schools is very important in reconstructing the dining table by restoring the atmosphere of eating together as a place for Christian religious education as it should be. With a qualitative, descriptive approach, it is proven that in Christian families students at SMKN 1 Tana Toraja have experienced significant changes in their concern for eating together. This is no longer implemented as expected, which has an impact on the behavior of each family member. Keywords: Reconstruction, Christian religious education, eating at the dinner table, Generation Z.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 13:11 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 13:11 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |