Ondo Tua: Tinjauan Teologis Makna Tarian Ondo Tua di To’yasa Riu Prespektif Roger M. Keesing

Pagassang, Desti Natalia (2024) Ondo Tua: Tinjauan Teologis Makna Tarian Ondo Tua di To’yasa Riu Prespektif Roger M. Keesing. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
desti_skpp.pdf

Download (86kB)
[img] Text
desti_hd.pdf

Download (315kB)
[img] Text
desti_kp.pdf

Download (377kB)
[img] Text
desti_bab_1.pdf

Download (619kB)
[img] Text
desti_bab_2.pdf

Download (628kB)
[img] Text
desti_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
desti_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
desti_bab_5.pdf

Download (465kB)
[img] Text
desti_dp.pdf

Download (535kB)
[img] Text
desti_lp.pdf

Download (486kB)
[img] Text
desti_lp2.pdf

Download (823kB)
[img] Text
desti_cv.pdf

Download (377kB)

Abstract

Ondo tua merupakan sebuah tarian yang dilestarikan oleh masyarakat Toraja, khususnya di daerah To’yasa Riu sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan makna teologis yang terkandung dalam tarian ondo tua yang dapat menjadi sebuah edukasi teologis bagi masyarakat Toraja secara umum. Selain itu, juga bertujuan untuk menemukan pandangan Roger M. Keesing tentang nilai dari sebuah kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan historisasi. Metode kualitatif dikembangkan dalam studi kepustakaan lewat literature-literatur seperti buku, artikel/jurnal dan sumber-sumber internet yang relevan. Untuk melengkapi metode kualitatif ini maka penulis melakukan analisis lapangan dengan pendekatan deskriptif yaitu sebuah pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan kenyataan yang benar-benar terjadi di tengah-tengah lapangan tentang sebuah kasus yang sedang terjadi dalam hal ini pemaknaan terhadap tarian ondo tua yang menjadi sebuah warisan dan sebuah kearifan lokal bagi masyarakat Toraja. Untuk melengkapi pendekatan tersebut, maka penulis menggunakan historisasi dalam mengkaji sebuah studi melalui hasil sejarah yang tertulis dan lisan. Teori utama dari penelitian ini adalah dari perspektif Roger M. Keesing mengenai kebudayaan, dan juga dilengkapi dengan teori-teori lain seperti konsep tentang teologi, makna sebuah tradisi dan konteks suatu masyarakat dalam lingkungan tradisi dan adat istiadat. Melalui penelitian ini penulis menemukan bahwa tarian ondo tua adalah sebuah tarian yang digambarkan dalam tradisi Israel dengan simbol ungkapan syukur kepada Allah atas kemenangan dan pemeliharaan-Nya bagi segenap umat manusia. Hasil dari penelitian ini bahwa makna teologis dari tarian ondo tua adalah sebuah tarian yang dimaknai sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas berkatNya yang terus mengalir bagi umat-Nya, kesejahteraan keluarga dan hasil panen yang melimpah. Kata kunci : Tarian Ondo Tua, Tinjauan Teologis, Roger M. Keesing ABSTRACT Ondo tua is a dance that is preserved by the Toraja people, especially in the To' Yasa Riu area as a form of expression of gratitude to Allah. The main purpose of this study is to find the theological meaning contained in the ondo tua dance which can be a theological education for the Toraja people in general. In addition, it also aims to find Roger M. Keesing's views on the value of a culture. The research method used by the author in this study is a qualitative method with a descriptive and historicization approach. Qualitative methods are developed in library studies through literature such as books, articles/journals and relevant internet sources. To complement this qualitative method, the author conducted a field analysis with a descriptive approach, an approach used to describe the reality that actually occurs in the middle of the field about a case that is happening in this case the meaning of the ondo tua dance which is a heritage and a local wisdom for the Toraja people. To complement this approach, the author uses historicization in examining a study through written and oral historical results. The main theory of this study is from Roger M. Keesing's perspective on culture, and is also complemented by other theories such as the concept of theology, the meaning of a tradition and the context of a society in the environment of tradition and customs. Through this study, the author found that the ondo tua dance is a dance that is depicted in the Israeli tradition with a symbol of gratitude to God for His victory and care for all mankind. The results of this study are that the theological meaning of the ondo tua dance is a dance that is interpreted as an expression of gratitude to God for His blessings that continue to flow to His people, family welfare and abundant harvests. Keywords : Old Ondo Dance, Theological Overview, Roger M. Keesing.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 17 Mar 2025 19:31
Last Modified: 17 Mar 2025 19:31
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item