Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur

Sonda, Mince (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
mince_hd.pdf

Download (576kB)
[img] Text
mince_kp.pdf

Download (161kB)
[img] Text
mince_bab_1.pdf

Download (580kB)
[img] Text
mince_bab_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
mince_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
mince_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
mince_bab_5.pdf

Download (38kB)
[img] Text
mince_dp.pdf

Download (180kB)
[img] Text
mince_lp.pdf

Download (757kB)
[img] Text
mince_cv.pdf

Download (38kB)

Abstract

Mince Sonda, 2014 menyusun Tesis dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur.” Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi tetapi kurang memiliki kecerdasan emosi, maka dalam menentukan sikap dan memecahkan persoalan hidup seringkah keliru dan dapat berdampak bagi kinerja seseorang. Permasalahan penelitian ini ialah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru PAK di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur. Hipotesis yang diajukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah Kecerdasan emosional berpengaruh signifikansi terhadap kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen di Kec. Towuti Kabupaten Luwu Timur. Semakin tinggi kecerdasan emosional guru, maka akan semakin tinggi pula kinerja yang dihasilkan. Persamaan regresi dari variabel X terhadap variabel Y menunjukkan bahwa konstanta sebesar 102,144; artinya jika Kecerdasan Emosional (X), adalah 0, maka Kinerja guru Pendidikan Agama Kristen di S MA di Kecamatan Towuti nilainya adalah -0,027. Hal ini berarti: jika seandainya Kecerdasan Emosional dapat mengalami kenaikan 1%, maka Kinerja guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Towuti (Y) akan justru mengalami penurunan sebesar 0,027 kali dengan asumsi variabel indipenden lainnya tetap. Dalam analisis ini terlihat bahwa Kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Dengan adanya temuan penelitian ini maka dibutuhkan upaya dalam mengembangkan Kinerja guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Towuti. Kecerdasan emosional para guru tidak dapat menaikkan kinerjanya. Ada banyak kemungkinan masalah sebagaimana yang dikemukakan dalam identifikasi masalah penelitian ini. Jika ada upaya pengembangan kecerdasan maka peneliti berkeyakinan bahwa Kinerja guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Towuti akan menjadi lebih baik karena persamaan regresi menunjukkan ada hubungan negatif namun belum pada taraf signifikan. Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukan dalam teori di bab 2 bahwa Kinerja guru Agama Kristen di Kecamatan Towuti akan terjalin dengan adanya upaya pembinaan kecerdasan emosional kepada para guru. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini, maka ada beberapa saran yang penulis paparkan yang perlu diperhatikan yaitu: Pertama, setiap guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Towuti perlu menyadari rendahnya tingkat kecerdasan emosional dalam mendukung kinerja mereka. Kedua, lembaga pembina dapat membuat program pembinaan guru-guru agama Knsten. Ketiga, Peneliti menyarankan bahwa hasil studi ini dapat memberi arah bagi siapapun yang akan mengembangkan pengajaran dan penggembalaan di Kecerdasan Emosional pada waktu-waktu mendatang. Keempat, peneliti melihat perlunya studi serupa dikembangkan untuk melihat ada tidaknva kemungkinan yang sama dan perbaikan-perbaikan dikesempatan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 16 Feb 2025 19:11
Last Modified: 17 Feb 2025 08:11
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4408

Actions (login required)

View Item View Item