Tandigau, Joni (2014) Studi Evaluatif Pengimplementasian Kurikulum Remaja Gereja KIBAID di Klasis Mangkutana. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
joni_hd.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
joni_kp.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
joni_bab_1.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
joni_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text
joni_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) | Request a copy |
![]() |
Text
joni_bab_5.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
joni_dp.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
joni_lp.pdf Download (729kB) |
![]() |
Text
joni_cv.pdf Download (33kB) |
Abstract
Joni Tandigau, 2014 menyusun tesis dengan judul “Studi Evaluatif Pengimplementasian Kurikulum Remaja Gereja KIBAID di Klasis Mangkutana”. Judul ini dipilih sebagai bahan untuk mengevaluasi pengimplementasian kurikulum remaja gereja KIBAID di Klasis Mangkutana. Dalam hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab guru sekolah minggu kelas remaja dan gembala jemaat untuk memberikan pelayanan yang serius kepada kaum remaja. Unsur yang diteliti dalam pengimplementasian kurikulum remaja gereja KIBAID di Klasis Mangkutana, yakni : pengimplementasian isi dan proses pengimplementasian pembelajaran kurikulum remaja di Klasis Mangkutana. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa isi kurikulum remaja gereja KIBAID pada dasarnya sudah memenuhi dasar pengembangan isi dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum remaja di gereja. Dalam hal ini pengembangan isi yang dimaksud adalah pengembangan pokok-pokok materi pembelajaran. Namun masih luas dan peluh lebih khusus lagi sesuai dengan kebutuhan remaja. Ditemukan juga dalam penelitian bahwa proses pengimplementasian kurikulum pada dasarnya terlaksana, tetapi masih ada beberapa unsur yang perlu dibenahi. Misalnya: Pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang di dalamnya sudah ada kompetensi dasar, indokator, tujuan pembelajaran, materi standar/pokok-pokok materi pembelajaran, metode, kegiatan pembelajaran, sumber pembelajaran, alat peraga dan penilaian atau evaluasi hasil belajar yang sangat menolong guru remaja dalam proses pengimplementasian kurikulum remaja gereja KIBAID di Klasis Mangkutana. Beberapa saran yang peneliti paparkan sebagai masukan : Pertama, pokok- pokok materi kurikulum remaja gereja KIBAID upaya disusun secara sistematis berdasarkan pokok-pokok ajaran gereja KIBAID dengan mengikuti kalender gerejawi dan pokok-pokok materi untuk memenuhi kebutuhan remaja dalam perkembangannya lebih dipertajam. Kedua, dalam proses pengimplementasian kurikulum supaya setiap guru sekolah minggu kelas remaja membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pengimplementasian pembelajaran kurikulum remaja di gereja. Dalam hal ini perlu diadakan pelatihan guru-guru sekolah minggu kelas remaja tentang penggunaan kurikulum remaja dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, Departemen Sekolah Minggu Gereja KIBAID dan Departemen yang terkait supaya mengadakan evaluasi kurikulum remaja untuk mengembangkan kurikulum remaja yang ada dan atau membuat kurikulum remaja yang baru. Dalam hal ini isi atau materi kurikulum remaja dibuat secara sistematis dan berkesinambungan dari masa anak-anak ke masa remaja dan selanjutnya ke masa dewasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 15:04 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 15:04 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |