Studi Komparatif tentang Proses Belajar-Mengajar yang Menyenangkan Menurut Persfektif Guru PAK dengan Persfektif Siswa Kleas VIII di SMP Negeri 1 Rantepao

Mongan, Sanda (2014) Studi Komparatif tentang Proses Belajar-Mengajar yang Menyenangkan Menurut Persfektif Guru PAK dengan Persfektif Siswa Kleas VIII di SMP Negeri 1 Rantepao. Institut Agama Kristen Negeri Toraja, Repository IAKN Toraja. (Unpublished)

[img] Text
sanda_hd.pdf

Download (245kB)
[img] Text
sanda_bab_1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
sanda_bab_2.pdf

Download (770kB)
[img] Text
sanda_bab_3.pdf

Download (310kB)
[img] Text
sanda_bab_4.pdf

Download (308kB)
[img] Text
sanda_bab_5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
sanda_dp.pdf

Download (209kB)
[img] Text
sanda_lp.pdf

Download (123kB)

Abstract

Sanda Mongan., Theo Dedy Palimbunga’: Studi Komparatif tentang Proses Belajar-Mengajar yang Menyenangkan Menurut Persfektif Guru PAK dengan Persfektif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri I Rantepao. Fenomena dalam kegiatan pembelajaran pada sekolah-sekolah formal tidak selamanya mencerminkan aktualisasi pendidikan yang maksimal, Pada umumnya pendidikan (Pendidikan Agama Kristen) masih teacher centered, kurikulum kadang-kadang kurang relevan dengan konteks dan kurang mempertimbangkan perkembangan psikologis anak didik, pembelajaran membosankan anak didik, pemilihan metode yang kurang relevan dengan situasi dan materi, penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas dan mungkin saja guru tidak trampil menggunakannya, alat evaluasi yang kurang relevan, elaborasi meteri yang kurang mendalam, situasi belajar yang menegangkan, penggunaan bahasa yang kurang menghargai upaya anak didik, guru yang tidak ramah. Oleh karena itu baik guru maupun siswa sesungguhnya mengharapkan sebuah proses pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini berupaya untuk membandingkan persfektif guru dengan siswa mengenai pembelajaran yang menyenangkan, dan upaya apa saja yang harus dilakukan untuk mendesain pembelajaran yang menyenangkan. Untuk mencapai ptujuan dari penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru agama Kristen dan siswa di SMP Negeri 1 Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Setelah melakukan penelitian dan mengolah data, dapat disimpulkan bahwa persfektif guru dengan persfektif siswa tentang pembelajaran yang menyenangkan memiliki pandangan yang sama dalam beberapa hal seperti pada kemampuan pedagogik guru, namun ada juga perbedaan yang signifikan di antara narasumber antara lain dalam memahami kompetensi keperibadian guru, kemampuan berinteraksi, dan fasilitas pendukung. Data tersebut merupakan indikator untuk merumuskan desain pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 03 Feb 2025 10:55
Last Modified: 03 Feb 2025 10:55
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4274

Actions (login required)

View Item View Item