Linggiallo, Mariunus (2014) Pemimpin Pendidikan: Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 244 Inpres Bera, kelurahan Sandabili’ Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
mariunus_hd.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
mariunus_kp.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
mariunus_bab_1.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
mariunus_bab_2.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text
mariunus_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text
mariunus_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text
mariunus_bab_5.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
mariunus_cv.pdf Download (257kB) |
Abstract
Maryunus Linggialio, Nirm : 20123365. Judul Skripsi: Pemimpin Pendidikan. Dengan sub judul : Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 244 Inpres Bera, kelurahan Sandabili’, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Dibimbing Oleh : Pembimbing I, Hermin Limbong, S.Th, M.Pd.K, Pembimbing II, Meri Toban S,Th, M.Pd.K. Dalam organisasi pendidikan yang menjadi pemimpin pendidikan adalah kepala sekolah. Sebagai pemimpim pendidikan, kepala sekolah memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Untuk bisa menjalankan fungsinya secara optimal dan efektif. Kepala sekolah perlu menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat. Keefektifan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya dapat diketahui dengan melihat tingkat kemampuannya untuk menciptakan iklim belajar-mengajar yang kondusif-representatif. Kegiatannya adalah dengan mempengaruhi, mengajak dan memotifasi guru, murid dan karyawan/staf sekolah agar menjalankan tugas masing-masing dengan komitmen, dedikasi dan etos keija yang tinggi. Keberhasilan kepemimpinan tidak semata-mata ditentukan oleh karakter personal, tetapi justru banyak ditentukan dari apa yang dilakukan oleh pemimpin. Keefektifan kepemimpinan banyak tergantung pada perilaku yang diterapkan pemimpin dalam situasi organisasi. Kualitas kepemimpinan tidak dinilai dari karakter personal, tapi lebih ditekankan pada fungsi, peranan, atau perilaku yang ditampilkan dalam memimpin. Pada perkembangan selanjutnya, diketahui bahwa keberhasilan kepemimpinan tidak hanya ditekankan pada perilaku yang ditampilkan pimpinan dalam kelompok, tetapi perlu ditelaah dari sisi perilaku yang ditampilkan anggota dalam organisasi. Untukitu, pemimpin harus efektif dalam mentransformasi nilai kepada bawahan untuk mencapai tujuan organisasi.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 16:33 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 16:33 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |