Linggi', Devita Raya (2012) Metode Mengajar Dosen STAKN Toraja: Pengaruh Metode Mengajar Dosen STAKN Toraja terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STAKN Toraja Angkatan 2007. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
devita_hd.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
devita_kp.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
devita_bab_1.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
devita_bab_2.pdf Download (883kB) |
![]() |
Text
devita_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
![]() |
Text
devita_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text
devita_bab_5.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
devita_dp.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
devita_cv.pdf Download (137kB) |
Abstract
DEVITA RAYA LINGGI’ (20072618), tahun 2012. Menyusun skripsi dengan judul METODE MENGAJAR DOSEN STAKN TORAJA dan sub judul Pengaruh Metode Mengajar Dosen STAKN Toraja Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2007. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mengajar dosen STAKN Toraja terhadap prestasi belajar mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2007. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Alfrida L. Membala, M. PdK dan Bapak Calvin Sholla Rupa, M.Th. Adapunyang menjadi latar belakang penulisan skripsi ini bahwa berdasarkan pengalaman penulis selama mengikuti proses perkuliahan bahwa metode yang pada umumnya digunakan oleh dosen STAKN Toraja adalah metode ceramah, metode diskusi dan metode penugasan. Kemudian jika dihubungkan dengan prestasi yang dimiliki oleh mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2007 yang bervariasi yakni mulai dari prestasi yang kurang, cukup (sedang), baik dan sangat baik. Kemudian menimbulkan pertanyaan bagi penulis, benarkah prestasi tersebut dipengaruhi oleh metode mengajar dosen STAKN Toraja? Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh metode mengajar dosen STAKN Toraja terhadap prestasi mahasiswa STAKN Toraja. Metode mengajar dapat diartikan sebagai suatu cara atau jalan yang ditempuh untuk melaksanakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa agar berjalan dengan baik dan apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal sedangkan prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai peserta didik (mahasiswa) setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam kurun waktu tertentu yang diwujudkan dalam bentuk angka atau pernyataan. Dalam merampungkan penulisan ini, metodologi yang digunakan oleh penulis adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi dokumentasi dan angket. Jumlah sampel yang diteliti adalah empat puluh enam orang mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2007. Setiap mahasiswa diberikan angket untuk diisi dan dari hasil angket tersebut yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Berdasarkan hasil penelitian terhadap mahasiswa angkatan 2007 dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode mengajar dosen STAKN Toraja sangat kuat yakni sebesar 98% terhadap prestasi belajar mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2007 sisanya 2 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode mengajar dosen STAKN Toraja memiliki pengaruh positif terhadap prestasi mahasiswa STAKN Toraja angkatan 2007. Itu berarti bahwa semakin baik metode yang digunakan oleh dosen maka semakin baik pula prestasi yang dimiliki oleh mahasiswa STAKN Toraja.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 15:37 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 15:37 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |