Sombo Datu, Marlina Limbong (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa PAK Kelas X TAB di SMK Buntu Masakke. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
marlina_similarity_index.pdf Download (274kB) |
|
Text
marlina_kp.pdf Download (434kB) |
|
Text
marlina_bab_1.pdf Download (584kB) |
|
Text
marlina_bab_2.pdf Download (782kB) |
|
Text
marlina_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text
marlina_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
marlina_bab_5.pdf Download (523kB) |
|
Text
marlina_dp.pdf Download (453kB) |
Abstract
Marlina L. Sombo Datu “Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa PAK Kelas X TAB di SMK Buntu Masakke”. Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang muncul dari proses menyelidiki, memahami dan memberikan solusi terhadap masalah, metode pembelajaran yang memungkinkan siswa memecahkan masalah secara bertahap melaui metode ilmiah dan siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah sambil memiliki keterampilan memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan metode problem based learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan distribusi frekuensi dan distribusi persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 32 jumlah keseluruhan siswa memiliki keaktifan belajar yaitu minimal 75%. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus pertama keaktifan belajar siswa yaitu 3,13% kemudian meningkat pada siklus kedua yaitu 87,5% siswa yang mengalami keaktifan belajar. Maka demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode probem based learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata Kunci:Problem Based Learning,Keaktifan Belajar, PTK.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning,Keaktifan Belajar, PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 25 Feb 2024 13:36 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 10:00 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
View Item |