Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check pada Mata Pelajaran PAK untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Kristen Kandora

Limbu, Marlili (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check pada Mata Pelajaran PAK untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Kristen Kandora. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
limbu_similarity_index.pdf

Download (256kB)
[img] Text
limbu_kp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
limbu_bab_1.pdf

Download (689kB)
[img] Text
limbu_bab_2.pdf

Download (629kB)
[img] Text
limbu_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
limbu_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
limbu_bab_5.pdf

Download (355kB)
[img] Text
limbu_dp.pdf

Download (817kB)

Abstract

Terjadi masalah pada mata pelajaran PAK kelas VIII A di SMP Kristen ditemukan bahwa keaktifan belajar siswa masih sangat rendah berdasarkan indikator keaktifan yaitu siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memberikan pendapat dalam menyelesaikan tugas, bertanya kepada teman atau guru, berusaha mencari informasi untuk menyelesaikan tugas, melakukan tugas kelompok sesuai dengan arahan guru, mampu menilai kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas, berlatih menyelesaikan tugas yang diberikan, dan mampu menerapkan hasil belajar dalam menyelesaikan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada mata pelajaran PAK untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII A di SMP Kristen Kandora. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan tahapan pengumpulan data melalui observasi lapangan, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 yaitu keaktifan belajar siswa pada kategori 4-5 sebesar 10 siswa (41,6%) hal ini belum mencapai indikator ketercapaian keberhasilan 75% sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II. Setelah melakukan perbaikan hasil siklus II menunjukkan bahwa siswa yang memiliki keaktifan belajar pada kategori 4-5 sebesar 79,1% yang telah mencapai ketercapaian indikator 75%. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe pair check, keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe pair check, keaktifan belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Feb 2024 19:11
Last Modified: 30 Jul 2024 09:41
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item