Wari, Norpa (2021) Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Kristen Makale 2. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
norpa_skpp.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
norpa_hd.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
norpa_kp.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
norpa_bab_1.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
norpa_bab_2.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
norpa_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
![]() |
Text
norpa_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
![]() |
Text
norpa_bab_5.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
norpa_dp.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
norpa_lp.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
norpa_cv.pdf Download (122kB) |
Abstract
NORPA WARI 1020154229. Menyusun skripsi dengan judul “Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Kristen Makale 2 Di bimbing oleh Yan Malino dan Syukur Matasak Tulisan ini berlatar belakang munculnya pandemi covid-19 yang menyebabkan pembelajaran di sekolah menjadi tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan dan menganalisis metode mengajar guru PAK pada masa pandemi covid-19 di SD Kristen Makale 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dimana yang menjadi informan adalah guru Pendidikan Agama Kristen dan murid sebagai sumber data primer, dengan jumlah informan 2 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan dilapangan dengan membandingkan kedua metode yang digunakan oleh guru PAK metode daring dan metode luring. Metode daring menunjukkan adanya kendala yang dirasakan oleh guru, siswa maupun orang tua seperti, keterbatasan dalam penguasaan teknologi, fasilitas yang kurang memadai, dan kurangnya adaptasi terhadap siswa. Kurangnya fasilitas seperti orang tua yang tidak memiliki perangkat teknologi untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) adalah salah satu masalah bagi siswa. Sedangkan metode luring tidak dilakukan dalam jaringan dalam artian dilakukan dengan tatap muka namun harus memperhatikan zonasi dan protokol yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan bagi guru PAK untuk lebih meningkatkan penguasaan terhadap teknologi dengan memilih media daring yang efektif, mudah diakses, dan dipahami oleh siswa. Kata kunci: Metode daring, metode luring, guru PAK, siswa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 19 Jan 2025 19:10 |
Last Modified: | 19 Jan 2025 19:10 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |