Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Kristen Makale 2

Wari, Norpa (2021) Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Kristen Makale 2. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
norpa_skpp.pdf

Download (59kB)
[img] Text
norpa_hd.pdf

Download (140kB)
[img] Text
norpa_kp.pdf

Download (128kB)
[img] Text
norpa_bab_1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
norpa_bab_2.pdf

Download (247kB)
[img] Text
norpa_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
norpa_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
norpa_bab_5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
norpa_dp.pdf

Download (108kB)
[img] Text
norpa_lp.pdf

Download (9kB)
[img] Text
norpa_cv.pdf

Download (122kB)

Abstract

NORPA WARI 1020154229. Menyusun skripsi dengan judul “Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Kristen Makale 2 Di bimbing oleh Yan Malino dan Syukur Matasak Tulisan ini berlatar belakang munculnya pandemi covid-19 yang menyebabkan pembelajaran di sekolah menjadi tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan dan menganalisis metode mengajar guru PAK pada masa pandemi covid-19 di SD Kristen Makale 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dimana yang menjadi informan adalah guru Pendidikan Agama Kristen dan murid sebagai sumber data primer, dengan jumlah informan 2 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan dilapangan dengan membandingkan kedua metode yang digunakan oleh guru PAK metode daring dan metode luring. Metode daring menunjukkan adanya kendala yang dirasakan oleh guru, siswa maupun orang tua seperti, keterbatasan dalam penguasaan teknologi, fasilitas yang kurang memadai, dan kurangnya adaptasi terhadap siswa. Kurangnya fasilitas seperti orang tua yang tidak memiliki perangkat teknologi untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) adalah salah satu masalah bagi siswa. Sedangkan metode luring tidak dilakukan dalam jaringan dalam artian dilakukan dengan tatap muka namun harus memperhatikan zonasi dan protokol yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan bagi guru PAK untuk lebih meningkatkan penguasaan terhadap teknologi dengan memilih media daring yang efektif, mudah diakses, dan dipahami oleh siswa. Kata kunci: Metode daring, metode luring, guru PAK, siswa.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 19 Jan 2025 19:10
Last Modified: 19 Jan 2025 19:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item