Efektivitas Teknik Pembelajaran Storytelling dengan Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAK di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek

Marimbun, Wilda (2023) Efektivitas Teknik Pembelajaran Storytelling dengan Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAK di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
wilda_similarity_index.pdf

Download (167kB)
[img] Text
wilda_kp.pdf

Download (316kB)
[img] Text
wilda_bab_1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
wilda_bab_2.pdf

Download (434kB)
[img] Text
wilda_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
wilda_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
wilda_bab_5.pdf

Download (243kB)
[img] Text
wilda_dp.pdf

Download (238kB)

Abstract

Wilda Marimbun: “Efektivitas teknik pembelajaran storytelling dengan gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAK di kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek”. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan efektivitas teknik pembelajaran storytelling dengan gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAK di kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek. Oleh karena itu teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah teknik pembelajaran storytelling dengan gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek. Data didapatkan dari kegiatan observasi yang berlangsung selama proses pembelajaran di dalam kelas dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa memiliki motivasi belajar mencapai angka minimal yaitu 75% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil penelitian ini bahwa teknik pembelajaran storytelling dengan gambar efektif meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas VIII SMP Negeri 1 Mengkendek. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua berdasarkan empat indikator yaitu ketekunan, rasa senang, minat, dan semangat. Hasil observasi pada siklus II mencapai 81,81% yang telah melampaui angka minimum. Maka dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran storytelling dengan gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Storytelling, motivasi belajar, PTK.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Storytelling, motivasi belajar, PTK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Feb 2024 14:35
Last Modified: 30 Jul 2024 09:37
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item