Dampak Pembelajaran Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAK di SMPN 3 Sukamaju

Pianaung, Milka Nila (2021) Dampak Pembelajaran Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAK di SMPN 3 Sukamaju. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
milka_hd.doc

Download (173kB)
[img] Text
milka_kp.doc

Download (75kB)
[img] Text
milka_bab_1.doc

Download (316kB)
[img] Text
milka_bab_2.doc

Download (180kB)
[img] Text
milka_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text
milka_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
milka_bab_5.doc

Download (12kB)
[img] Text
milka_dp.doc

Download (29kB)
[img] Text
milka_cv.doc

Download (35kB)

Abstract

Milka Nila Pianaung, NIRM: 1020164879 tahun 2021 dengan judul skripsi “Dampak Pembelajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAK di SMPN 3 Sukamaju”. Penulisan skripsi ini dibawa bimbingan Erwin Bunga M.Pd selaku pembimbing I dan ibu Ice Novita Triana Lolon S.S,M.A selaku pembimbing II. Seorang guru harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik agar dapat menjadi guru yang profesional. Akan tetapi, guru tentu harus mengajar sesuai dengan bidang keilmuannya. Di SMPN 3 Sukamaju, mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen tidak diajarkan oleh lulusan di bidang tersebut. Kurangnya guru Pendidikan Agama Kristen di sebuah sekolah dapat memberikan dampak yang buruk bagi peserta didik baik bagi pertumbuhan imannya maupun karakternya. Peserta didik membutuhkan seorang pembimbing atau pendidik yang benar-benar memahami tugasnya dan yang menguasai bidangnya sebagai seorang guru agama. Hal ini yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak pembelajaran guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAK di SMPN 3 Sukamaju. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 5 orang yaitu 3 peserta didik 1 guru yang mengajar agama dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tidak tahu cara berdoa dan cara membuka Alkitab bahkan merasa takut ketika di perintahkan membawa Alkitab sampai tidak datang untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga ini sangant berdampak bagi kehidupan peserta didik untuk hidup sebagai orang Kristen. Oleh karena itu, perlu untuk memberi perhatian khusus bagi sekolah tersebut karena peran Guru PAK sulit digantikan. Kata kunci: profesional, guru, PAK, dampak, hasil belajar, dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Dec 2024 18:40
Last Modified: 30 Dec 2024 18:40
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item