Efektifitas Model Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAK di SMPN Satap Sapan Kelas VII Kecamatan Sumarorong

Linda, Linda (2021) Efektifitas Model Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAK di SMPN Satap Sapan Kelas VII Kecamatan Sumarorong. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
linda_skpp.doc

Download (53kB)
[img] Text
linda_hd.doc

Download (142kB)
[img] Text
linda_kp.doc

Download (87kB)
[img] Text
linda_bab_1.doc

Download (95kB)
[img] Text
linda_bab_2.doc

Download (1MB)
[img] Text
linda_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
linda_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
linda_bab_5.doc

Download (54kB)
[img] Text
linda_dp.doc

Download (22kB)
[img] Text
linda_lp.doc

Download (504kB)
[img] Text
linda_cv.doc

Download (19kB)

Abstract

LINDA. (020 (75349. Tahun 2021 Judul "Efektifitas Model Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Di SMPN Satap Sapan Kelas VII Kecamatan Sumarorong”. Dibimbing oleh Algu S. Pabangke, M.Pd selaku pembimbing I dan Alfrida Lembang, M.Pd.K selaku dosen pembimbing II. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas model kooperatif tipe Duti-Duta dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAK di SMPN Satap Sapan Kelas VII Kecamatan. Sumarorong Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Duti-Duta dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAK di SMPN Satap Sapan Kelas VII Kecamatan Sumarorong. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian SMPN Satap Sapan Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa. Subjek penelitian peserta didik SMPN Satap Sapan Kecamatan Sumarorong kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Duti-Duta sangat efektif karena melalui penggunaan model kooperatif tipe Duti-Duta dapat meningkatkan prestasi peserta didik kelas VII SMPN Satap Sapan Kecamatan Sumarorong. Dengan menerapkan model kooperatif tipe Duti-Duta ini peserta didik lebih aktif, serta timbul rasa kebersamaan peserta didik untuk saling mengisi kekurangan masing-masing dalam memahami materi yang dipelajari. Dapat dilihat dari analisis data aktivitas peserta didik dimana mencapai nilai rata-rata 84,02 dengan kategori baik dan tuntas, dan untuk hasil evaluasi mendapat nilai rata-rata 94,93 dengan kategori sangat baik dan tuntas. Dengan demikian tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan melihat ketuntasan belajar peserta didik. Kata Kunci: Efektivitas, Model, Kooperatif, Tipe, Duti-Duta, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 20 Dec 2024 18:47
Last Modified: 20 Dec 2024 18:47
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item