Metode Ceramah dan Minat Belajar: Pengaruh Metode Ceramah terhadap Minat Belajar Mahasiswa STAKN-Toraja Jurusan PAK Angkatan 2009

Sampa', Febrina (2014) Metode Ceramah dan Minat Belajar: Pengaruh Metode Ceramah terhadap Minat Belajar Mahasiswa STAKN-Toraja Jurusan PAK Angkatan 2009. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
febrina_hd.doc

Download (181kB)
[img] Text
febrina_kp.doc

Download (82kB)
[img] Text
febrina_bab_1.doc

Download (74kB)
[img] Text
febrina_bab_2.doc

Download (267kB)
[img] Text
febrina_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
febrina_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
febrina_bab_5.doc

Download (14kB)
[img] Text
febrina_dp.doc

Download (27kB)
[img] Text
febrina_lp.doc

Download (1MB)
[img] Text
febrina_cv.doc

Download (24kB)

Abstract

Febrina Sampa’, 20092886. Menyusun skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Minat Belajar Mahasiswa STAKN-Toraja Jurusan PAK Angkatan 2009 Pemilihan topik topik ini didasari oleh Mata Kuliah “Strategi Pembelajaran PAK” yang banyak menginspirasi penulis tentang banyaknya metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, namun penulis mengamati bahwa di STAKN Toraja masih ada Dosen yang dominan menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Pengajar adalah oknum yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “tidak ada peserta didik yang bodoh yang ada ialah mereka belum menemukan pengajar yang cocok baginya”.ungkapan tersebut memberikan gambaran bahwa peranan seorang pengajar bagi peserta didik ditentukan oleh cara mereka. Pengajar yang sadar akan tugas dan tanggungjawab akan memikirkan dan mempersiapkan model pembelajaran pada saat melangsungkan proses pembelajaran. Metode adalah bagian dari model pembelajaran yang tepat digunakan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pengunaan dan pemilihan metode yang tepat akan membangkitkan minat belajar peserta didik, ketika minat peserta didik timbul maka diasumsikan bahwa materi ajar yang dibawakan oleh dapat diterima dengan baik Metode ceramah merupakan jenis metode yang sering bahkan umum digunakan oleh pengajar. Metode ceramah dapat diartikan sebagai proses pembelajaran dengan komunikasi searah, untuk menyampaikan informasi, penjelasan konsep, prinsip, dan fakta,dengan cara bercerita atau dilakukan secara lisan oleh guru dan pada umumnya membuat peserta didik menjadi pasif. Sedangkan minat belajar adalah sebagai suatu tindakan, sikap atau usaha yang timbul dari dalam diri seseorang untuk mengetahui dan atau menambah pengetahuan terhadap sesuatu dimana ia melakukannya dengan senang hati dan atas keinginan sendiri dan motivasi dari luar tanpa ada unsur paksaan dalam prosesnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode swrveydengan pendekatan kuantitatif. Data kepustakaan diperoleh dengan melakukan penelusuran literatur dalam hal ini: Alkitab. Kamus. Buku-buku sumber, serta jaringan internet (website). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 orang Mahasiswa Jurusan PAK angkatan 2009 STAKN-Toraja Berdasarkan hasil penelitian tbininpr* ttatx-i(7,036> 1,671) dapat disimpulkan bahwa metode ceramah berpengaruh signifikan tehadap minat belajar Mahasiswa STAKN Toraja Jurusan PAK Angkatan 2009.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 19 Dec 2024 14:10
Last Modified: 19 Dec 2024 14:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3762

Actions (login required)

View Item View Item