Analisis Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 6 Kesu'

Novita, Novita (2022) Analisis Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 6 Kesu'. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
novita_si.pdf

Download (626kB)
[img] Text
novita_kp.pdf

Download (431kB)
[img] Text
novita_bab_1.pdf

Download (676kB)
[img] Text
novita_bab_2.pdf

Download (849kB)
[img] Text
novita_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
novita_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
novita_bab_5.pdf

Download (281kB)
[img] Text
novita_dp.pdf

Download (278kB)
[img] Text
novita_cv.pdf

Download (343kB)

Abstract

Judul skripsi “ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 6 KESU’. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yakni pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, studi pustaka, serta juga menggunakan teknik analisis data. Berdasarkan studi kasus masalah yang diteliti penulis di sekolah dasar negeri 6 kesu’ tentang bagaimana kompetensi profesional guru PAK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bahwa terdapat siswa yang tidak termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, sikap mereka di sekolah memperlihatkan dirinya seperti orang yang tidak di didik, dalam proses pembelajaran mereka masih berteriak-teriak dalam kelas, mengganggu temannya, tidak mengerjakan tugas yang diberikan, tidak mengikuti pembelajaran bahkan mereka tidak menghargai guru yang ada dalam kelas. Hal tersebut terjadi karena pengaruh dari para guru masih kurang profesional, kurang menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, kurang mampu membangkitkan rasa ingin tahu pada diri peserta didik, sehingga kebanyakan guru hanya mampu menyampaikan bahan materi sesuai dengan ruang lingkup yang ada. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa diperlukan guru yang kreatif dengan keterampilan yang menarik perhatian peserta didik dan guru yang profesional serta menyenangkan, sehingga mampu menciptakan iklim pembelajaran yang yang kondusif, suasana pembelajaran yang menantang dan mampu membelajarkan dengan menyenangkan karena dalam setiap pembelajaran guru memiliki peranan yang sangat sentral, baik sebagai perencana, pelaksana, bahkan sebagai evaluator dalam pembelajaran. Dengan demikian bahwa kompetensi profesional guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan terutama dalam memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik secara efektif dan efisiensi.

Item Type: Thesis (Scholar)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional,Guru PAK,Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 25 Feb 2024 21:55
Last Modified: 30 Jul 2024 09:23
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item