Raslin, Raslin (2022) Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IV SDN 233 Inpres Botang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
raslin_kp.docx Download (11kB) |
|
Text
raslin_bab_1.docx Download (14kB) |
|
Text
raslin_bab_2.pdf Download (414kB) |
|
Text
raslin_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text
raslin_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text
raslin_bab_5.pdf Download (295kB) |
|
Text
raslin_dp.pdf Download (216kB) |
Abstract
Raslin. “Penerapan metode role playing dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama kristen siswa kelas IV SDN 233 Inpres Botang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama kristen, dimana siswa-siswi kurang aktif selama proses belajar mengajar seperti yang terlihat pada megamati perhatian siswa, antusias, ketertarikan, perasaan senang, keterlibatan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan metode role playing. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV penelitian yaitu 83%. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilakukan dengan cara menerapkan metode role playing dengan melakukan empat langkah yaitu perencanaan dimana pada perencanaan ini menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (Rpp), pelaksanaan dengan cara membagi siswa dalam bentuk kelompok kemudian membagi naskah drama yang akan digunakan, observasi dilakukan untuk mendapatkan data mengenai minat siswa dan refleksi mengevaluasi apa yang telah di laksanakan dalam proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran berlangsung guru mengamati beberapa indikator yaitu antusias, ketertarikan, perasaan senang, dan keterlibatan. Pada siklus pertama, peningkatan minat belajar siswa pada kriteria baik dan sangat baik pada indikator minat belajar yaitu perhatian, rasa senang, antusias dan ketertarikan siswa dan keterlibatan yaitu 35% dan meningkat pada siklus kedua yaitu 85% pada kategori baik dan sangat baik. Maka hasil yang di dapatkan dengan penerapan metode role playing minat belajar siswa meningkat. Kata kunci : Minat Belajar, Metode Role Playing, PTK.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Metode Role Playing, PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 25 Feb 2024 21:52 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 09:22 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/368 |
Actions (login required)
View Item |